Serunya Pesantren Ramadhan PKS Pasar Minggu

Spread the love

pesantren pasar minggu

“Siapa kah Allah ?”

“Allah adalah pencipta alam semesta “

Demikianlah Dialog singkat antara Peserta Sanlat dengan salah satu pemateri dalam sebuah acara Pesantren Ramadhan PKS Pasar Minggu yang berlangsung pada hari Sabtu, 18 Juni 2016 di Mesjid Nurul Ihsan Departemen Pertanian, Pasar Minggu Jakarta Selatan.

Tidak Kurang 135 anak berusia sekolah SD dan SMP berkumpul dalam acara yang diadakan DPC PKS Pasar Minggu itu, mereka berasal dari 7 DPRa antara lain Jatipadang, Ragunan, Cilandak Timur, Pejaten Timur, Pejaten Barat, Kebagusan dan Pasar Minggu.

Acara yang dimulai pada pukul 08.00 dan berakhir pada pukul 18.30 ini dibuka dengan Tasmi Al Qur’an yang dibawakan oleh Hilmi Mubasysyir Fauzi (Hafidz 30 Juz).

Hadir pula ketua DPC Pasar Minggu H. Achmad Rachmawan yang juga selaku pembina Tarbiyah Anak Ibnu Hisyam, dalam sambutannya beliau menyampaikan agar para peserta dapat bersemangat mengikuti acara ini sampai selesai. Tidak lupa, Bang Wawan, sapaan untuk ketua DPC PKS Pasar Minggu  juga mengikutsertakan putranya untuk Pesantren Ramadhan ini.

Acara yang dipandu Kak Inar dan Kak Surya ini, makin seru dengan kehadiran sejumlah pemateri diantaranya Ustadz M. Hadi Kusuma yang membawakan materi Mengenal Allah, ada juga Kak Desi yang asik Ice Breakingnya. Jelang Dzuhur anak – anak melanjutkan ke agenda mentoring yang diisi oleh kakak – kakak mentor. Setelah itu baru kemudian mereka ketemu dengan Ustadz Hadi Hidayat dari ABCO Training.

Selepas sholat ashar berjama’ah peserta diajak untuk mengenal salah satu sahabat Rasulullah SAW, untuk Ramadhan kali ini panitia mengangkat kisah “Uwais Al Qarni, Penghuni Langit”. Pengenalannya disampaikan lewat drama yang dimainkan oleh tim Drama Langit, anak-anak menikmati setiap alur cerita yang dimainkan tim Drama Langit hingga akhir, hal ini dapat dilihat dari ketenangan mereka menyimak kisah. “Aku suka kegiatan sanlat, kalau bisa diadain lagi selama 3 hari” tutur Hana salah satu peserta sanlat.

Ibu Medawati selaku Ketua seksi Tarbiyah Anak DPC PKS Pasar Minggu menuturkan bahwa acara ini bertujuan agar anak – anak kader mampu menggunakan bulan Ramadhan dengan banyak kegiatan yang mendekatkan diri pada Allah SWT. Melalui salah satu materi ilmu mengenal Allah yang disampaikan tadi, harapannya pesantren ramadhan ini mampu membentuk pribadi dan memperkuat ikatan anak – anak kader dengan kakak – kakak dari struktur PKS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *