Resolusi Tahun Baru 1438 Hijriyah dari Ketua DPD PKS Jaksel

Spread the love

ketua DPD al mansur hidayatullah

Hari ini kita telah memasuki tahun baru 1438 H, tahun baru bagi kaum muslimin. Tahun baru yang semoga membawa perubahan ke arah yang lebih baik. Hijrah secara bahasa berarti pindah atau menjauhi sesuatu dengan sangat keras karena ketidaksetujuan. Sedangkan pengertian hijrah adalah meninggalkan atau berpindah dari satu kondisi, keadaan atau tempat dengan motivasi perubahan yang lebih baik karena Allah SWT.

Semangat hijrah yang menjadi inspirasi lahirnya tahun baru dalam kalender Islam, seharusnya menjadi spirit dan motivasi perubahan ke arah yang terbaik. Hijrah bukan sekedar perpindahan tempat karena tekanan dan penindasan serta ketidakmampuan kaum muslimin pada saat itu. Akan tetapi hijrah pada saat itu adalah inthilaq atau titik tolak perubahan bagi kaum muslimin. Karena hijrah ini dilakukan dengan perencanaan, strategi dan motivasi membangun peradaban besar bagi umat manusia.

Hijrah untuk membangun basis teritori, demografi, sosial, ekonomi, keamanan dan pengamanan dalam rangka mengimplementasikan islam secara paripurna dan membangun peradaban bagi umat manusia. Inilah spirit dan motivasi para sahabat Rasulullah saw dalam berhijrah, walaupun harus berkorban dengan jiwa, harta dan raga. “Segala amal itu tergantung niatnya, dan setiap orang hanya mendapatkan sesuai niatnya. Maka barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya itu kepada Allah dan Rasul-Nya. Barang siapa yang hijrahnya itu Karena kesenangan dunia atau karena seorang wanita yang akan dikawininya, maka hijrahnya itu kepada apa yang ditujunya”. (Hadits Riwayat Bukhori Muslim).

Momentum hijrah inilah yang menjadi salah satu indikasi kebangkitan Islam dan terbangunnya peradaban baru bagi umat manusia. Tidak berlebihan jika Umar Ibnu Khathab menjadikan peristiwa hijrah sebagai penentu awal tahun di dalam Islam. Tahun baru hijriyah bagi kaum muslimim bukan sekedar pergantian tahun saja, akan tetapi juga menjadikan spirit hijrah ini sebagai momentum perubahan dan kebangkitan ke arah yang lebih baik. Spirit semangat perjuangan dan pengorbanan dalam mewujudkan nilai-nilai kebaikan.

Pergantian tahun hijriyah ini juga harus menjadi momentum evaluasi dan muhasabah apa yang telah kita lakukan untuk peningkatan dan menjadi lebih baik pada masa yang akan datang. Mengevaluasi diri dan muhasabah juga harus menjadi spirit dan semangat bagi kita kaum muslimin untuk kebaikan masa depan. Mengevaluasi diri dan bermuhasabah akan menjadikan seseorang selalu mawas diri, selalu berhitung dan penuh perhitungan dalam mengisi hari-hari dalam kehidupannya. Sebagaimana perkataan Umar ibnu Khaththab: “Hitung-hitunglah diri kamu sebelum kamu dimuhasabah…..”.   Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang kalian kerjakan. [Qur’an Surat Al-Hasyr/59:18]

Pergantian tahun hijriyah juga harus menjadi momentum bagi meningkatkan persatuan dan kesatuan umat islam, karena dalam peristiwa hijrah Rasulullah saw mampu menyatukan kabilah Aus dan Khazraj menjadi suatu kekuatan persatauan dan kebersamaan. Persatuan merupakan salah satu elemen kekuatan setelah kekuatan akidah, kekuatan ekonomi dan kemudian kekuatan persatuan. Persatuan ini selain merupakan amrun Rabbany (perintah Alloh SWT), juga merupakan hadyun nabawi (tuntunan Nabi saw). Maka semangat pergantian tuhun hijriyah ini juga harus dapat menghantarkan pada persatuan umat islam dan kebersamaan dalam memperjuangkan islam dan kaum muslimin.

“Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai-berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah orang-orang  yang bersaudara. [Qur’an Surat Ali Imran/3:103]

Tahun 1438 Hijriyah ini harus menjadi momentum perubahan ke arah yang lebih baik. Selamat Tahun Baru 1438 H. Taqabballoh minna wa minkum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *