Rembuk Dakwah Kultural Di Warung Betawi Haji Awi

Spread the love

AneXutJu3kCSyqjM1jKv4aCqe66RgpxOKQ-8OYOgLRkm

Selasa (29/12), DPC PKS Pasar Minggu menggelar agenda silaturahim dan diskusi Dakwah Kultural. Acara tersebut di gelar di sebuah warung makan Betawi Haji Awi Pasar Minggu. Kegiatan ini dihadiri oleh para BPH DPC Pasar Minggu dan juga tokoh – tokoh Dakwah Kultural.

Tujuan agenda silaturahim ini adalah untuk menata harmonisasi langkah dan merangkai potensi menuju Dakwah Kultural yang lebih baik. Acara ini dibuka langsung oleh Ketua DPC PKS Pasar Minggu, Bang Wawan dan dilanjutkan dengan menggali masukan dari beberapa tokoh dakwah kultural.

Betawi adalah sebuah kawasan yang sangat religius sebelum menjadi seperti yang kita kenali sekarang sebagai kawasan metropolitan dengan berbagai kesibukan pemerintahan, bisnis dan hiburan saat ini. Betawi adalah sebuah tempat yang khas dengan tradisi kesantriannya. Dalam rentang 482 tahun usia ibu kota Jakarta, gempita dakwah Alhamdulillah masih tetap terjaga. Fundamen kokoh yang dibangun para ulama dan habaib sejak dulu berharap tetap tertancap kuat di tengah masyarakat Betawi. Pergeseran zaman dan perputaran sejarah tentu membawa riak-riak yang mempengaruhi struktur dan gaya hidup masyarakat Betawi, insyaAllah tidak mengubah akar mereka sebagai penganut Islam sehingga Betawi itu identik dengan Islam. Dakwah kultural yang telah dikembangkan oleh para ulama dan habaib, telah menjadi dasar yang tidak lapuk dimakan zaman dalam mempertahankan eksistensi agama Islam di tengah masyarakat Betawi. Sebanyak 27 persenan warga Pasar Minggu masih didominasi oleh warga Betawi.

Setelah paparan diskusi dakwah kultural telah disampaikan, kemudian dilanjutkan langsung dengan acara makan bersama dengan berbagai menu khas Betawi. Beberapa action point tindak lanjut akan di follow up setelah acara pertemuan ini. “Kami akan lebih berluas dakwah kultural ini, kami juga akan lebih bersinergi dan bersama – sama dengan elemen – elemen dakwah kultural yang lain,” ujar ketua DPC Pasar Minggu, Bang Wawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *