Puasa 70 Hari Lagi, PKS Ciganjur Rutin Adakan Kajian Menyambut Ramadhan

Spread the love

photo727008728103102434

Sabtu (26/3) warga RW02 dan RW03 Kelurahan Ciganjur bekerjasama dengan Unit Perempuan dan Ketahanan Keluarga (UPKK) DPRa PKS Ciganjur mengadakan kajian bertema “Persiapan menyambut Ramadhan”.

Kajian ini bertempat di masjid Al Alam Ciganjur dan dipandu oleh Ustadz  Rizki ini dihadiri 50 ibu – ibu. Tujuan diadakan acara persiapan ramadhan ini adalah untuk mempersiapkan para warga dalam menyambut Ramadhan. Oleh karenanya acara ini akan terus berlanjut rutin hingga dua bulan ke depan sampai sepekan jelang ramadhan.

Bagaimanakah cara Rasulullah saw menyambut Ramadhan, alias tarhib Ramadhan? Beliau melakukan tarhib Ramadhan jauh-jauh hari sebelum datangnya Ramadhan. Rasulullah saw pun semakin meningkatkan kuantitas dan kualitas ibadahnya. Beliau melakukan tarhib Ramadhan tidak cukup sehari atau dua hari saja. Penyambutan Ramadhan tidak dilakukan dengan sekadar mengungkapkan rasa bahagia atau gembira saja, melainkan dengan persiapan matang secara fisik dan mental agar kuat dalam menjalankan ibadah spesial selama sebulan penuh itu.

Cicero pernah mengatakan, “Orang yang naik panggung tanpa persiapan, maka dia akan turun panggung tanpa perghormatan.” Tentu kita tidak ingin moment special bulan ramadhan tahun ini terlewat begitu saja. Kesempatan tidak mungkin datang dua kali, maka persiapan yang matang akan membuat kita sukses melalui bulan Ramadhan. Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (QS. Al Hasyr : 18)

Ramadhan adalah bulan  amal yang nantinya kita akan dipersembahkan kepada Allah. Tentunya persiapannya tidak bisa dengan “main-main”. Lalu apa saja yang dapat kita lakukan untuk mempersiapkan menyambut Ramadhan? ada banyak hal yang dapat kita lakukan. Oleh karena itulah Rasulullah mengajarkan untuk mempersiapkan ramadhan jauh hari sebelum datang, 3 bulan sebelumnya, ketika masih di bulan Rajab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *