PKS Tanjung Barat Menambah Anggota Tim Pengurus Jenazah Perempuan

Spread the love

janaiz1

Berdasarkan beberapa pengamatan dan pengalaman di lapangan, sangat jarang warga yang mau dan mampu terlibat dalam pengurusan jenazah. Minimnya perhatian warga terhadap masalah pengurusan jenazah ini, bisa diakibatkan karena  mereka mungkin berpandangan bahwa pengurusan jenazah adalah urusan petugas jenazah saja. Selain itu bisa juga disebabkan oleh ketidaktahuan akan ilmu mengenai pengurusan jenazah atau bisa juga karena mereka melihat pengurusan jenazah merupakan hal yang kurang menyenangkan atau bahkan mengerikan. Kenyataan-kenyataan inilah yang mendorong Pengurus DPRa PKS Tanjung Barat untuk  mengadakan Training tentang pengurusan jenazah bagi ibu – ibu.

Pengurusan jenazah yang merupakan aktivitas fardhu kifayah bagi Umat Islam, sekilas sepertinya terlihat sepele, tetapi jika tidak dipelajari sesuai dengan Sunnah dan Al Quran, maka akan menjadi sesuatu aktivitas yang terasa sangat sulit. Bahkan bisa jadi cara memandikan jenazah tersebut tidak sesuai dengan yang dicontohkan oleh Baginda Rasulullah SAW.

Kegiatan yang dimulai pada pukul 09.00 WIB ini dilangsungkan di Masjid Al Hikmah Tanjung Barat hingga pukul 11.30 WIB ini tercatat sejumlah 30 peserta yang mengikuti kegiatan pengurusan jenazah ini. “Dengan adanya pelatihan ini, DPRa PKS Tanjung Barat berharap, nantinya para ibu – ibu sudah bisa memperaktekan ilmu yang dipelajarinya ke masyarakat, paling tidak mereka sudah bisa mendampingi para pengurus jenazah yang sudah sepuh pada saat pemandian jenazah,” tutup Nur Hasanah dari Unit Perempuan dan Ketahanan Keluarga (UPKK) DPRa PKS Tanjung Barat.

Tidak sedikit kiprah Tim Janaiz DPRa PKS Tanjung Barat sebelumnya, banyak warga yang terbantu atas layanannya. Tim Janaiz ini dalam melakukan aktivitasnya tidak memungut biaya sama sekali, alias gratis. Banyak keluarga alamarhumah mengucapkan terima kasih sebesar – besarnya kepada Tim Janaiz PKS, karena layanannya yang sangat membantu.

Tim Janaiz memang tidak mengharapkan imbalan dari memandikan jenazah, hanya mengharapkan pahala dari Allah SWT saja. “Pahala orang yang memandikan jenazah akan dihapus seperti bayi baru lahir, inilah salah satu motivasi kami,” ujar salah satu anggota Tim Janaiz DPRa PKS Tanjung Barat.

Bukan hanya di Tanjung Barat, Tim Janaiz PKS memang sudah dikenal luas kiprahnya. Tidak jarang  saat ada bencana, tim ini diminta khusus oleh Badan SAR untuk melakukan pemulasaraan jenazah. Seperti yang pernah nampak di Aceh, Banjar Negara  dan juga tempat – tempat lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *