PKS Pancoran Mulai Rutin Mempraktekan “Zero Waste” di Acara Kader

Spread the love

ArE1CwKSs7LLWWoK9USS-BiYrVJWbNrartZ6HqMWCJxg

Zero Waste itu bebas sampah.  Pada hari Minggu (17/1), PKS Pancoran kembali mempraktekan Zero Waste Lifestyle di acara Temu Kader PKS se-Pancoran. Gerakan ini dimulai dengan apa yang disebut dengan Zero Waste Event, pendekatan pengurangan sampah pada saat rapat, event kegiatan dan pertemuan – pertemuan besar lainnya. Awalnya ide program ini datang dari biro Rumah Keluarga Indonesia (RKI) PKS Pancoran pada beberapa pertemaun di tahun 2015 yang lalu.

Hampir pada setiap rapat atau event – event pertemuan kader menghasilkan sampah yang tidak sedikit. Ada sampah dari bekas botol – botol air mineral, kardus snack, kotak makan, sendok plastik, dan masih banyak lagi yang lain. Pada Program Zero Waste Event ini, panitia tidak lagi menyediakan botol atau gelas air mineral, juga tidak menyediakan kardus untuk snack. Peserta atau kader membawa sendiri botol air dari rumah, juga tempat snacknya. Nanti peserta tinggal menuang air dengan botolnya dan mengambil snacknya dengan tempat-tempat makanannya sendiri.

Pada awal – awal di tahun 2015 yang lalu, memang masih ada beberapa kader yang lupa membawa botol minuman dan tempat makanan, sehingga tidak bisa minum dan ambil makanan. Namun kini sudah mulai terbiasa, para kader banyak yang membawa kotak makanan berseta tempat minumnya sendiri – sendiri.

Bayangkan jika ada seratus kader yang datang, kita bisa menghemat sampah botol atau gelas air mineral minimal seratus buah kemudian kardus atau kotak makanan juga seratus buah. Coba bayangkan lagi kalau aksi ini berlangsung untuk acara rutin bulanan, akan ada sampah seribu dua ratus botol air mineral dan kardus manakan pertahun yang bisa kita hemat, jumlah yang tidak kecil lagi.

Sudah cukup banyak contoh warga dan komunitas yang mengimplementasikan Zero Waste Lifestyle.  Saatnya kini menularkan ‘virus bebas sampah’ ini pada banyak kader PKS dan menjadikannya lifestyle secara masif. Alhamdulillah program segera ini mendapat respon, antusiasme serta dukungan yang luar biasa dari semua kader.

Program ini tidak menekankan pada nilai ekonomis ketika memperbaiki lingkungan. Karena ini dilakukan dalam skala kecil, acara – acara kader saja, jika disamakan dengan rupiah mungkin sangat kecil. Tapi yang penting, upaya kecil ini sudah bisa mengurangi kuantitas sampah yang dapat mencemari lingkungan kita.

 AihEPqRHH4-HsQiPghfPwqVVrQqvWEwVf81AhmXZp334

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *