PKS Pancoran Kembali Mengadakan Nonton Film Bareng Ibu – Ibu

Spread the love

nobar ibu pancoran resize

Pada hari Rabu tanggal 5 Oktober 2016, akhirnya terlaksana acara nonton bareng film inspiratif “The Beginning of Life”, bersama ibu – ibu RW06 kelurahan Pancoran. Acara ini terelnggara atas kerjasama Rumah Keluarga Indonesia (RKI) PKS Pancoran dengan ibu – ibu RW06 Pancoran. Bertempat di rumah salah satu kader PKS, ibu – ibu yang berjumlah 40-an orang ini berlangsung seru dan berkesan.

Selain nonton bareng, ada juga diskusi para ibu – ibu yang hadir bersama kader – kader perempuan PKS. “The Beginning of Life” adalah film dokumenter dari UNICEF yang merupakan alat edukasi publik tentang perkembangan anak usia dini atau Early Childhood Developement (ECD). Film diambil di 9 negara dengan berbagai sudut pandang orangtua dan para ahli, denga konteks sosial yang berbeda-beda. Isinya sangat menarik.

Acara nonton yang dimulai pukul 10 pagi ini, diakhiri dengan sesi diskusi yang dipandu oleh mba Lia, salah satu kader PKS kelurahan Pancoran. “Ada hal baru yang saya dapatkan dari film yang ditonton. Ternyata peran ayah sangat penting dalam membangun ikatan (bonding) dengan anak. Ayah yang mau membantu menggantikan popok dan membersihkan anak suatu hal yg luar biasa,” ujar salah seorang ibu. Sementara Ustadzah Farida dari TK Al Islah mengatakan, “Apa2 yang ditayangkan pada film tersebut sebenarnya sudah diatur oleh agama kita, Islam. Ayah dan ibu menjadi *team work* dalam membangun keluarga.”

Fitrah seorang laki-laki untuk menjadi ayah, sedangkan seorang wanita menjadi ibu. Sehingga menjadi orang tua adalah pilihan bukan beban. Untuk itu kita perlu belajar dan harus menghargai proses yaitu proses menjadi orang tua. Bagaimana seharusnya menjadi orang tua yang baik, kita tidak boleh kalah dengan ego dan rasa capek kita.

Diskusi berjalan lancar, diakhir sesi dirangkum beberapa kesimpulan dari film ini. Anak adalah sebagaimana sebuah benih yang tumbuh cantik sesuai fitrah yang diberikan Sang PenciptaNya. Karena mereka adalah sosok manusia yang dari lahir keluar dari rahim ibunya, memegang fitrahnya dan peran hidupnya sendiri. Kita para orang tua hanya perlu menunggu, menjaga, melindungi, mendampingi tanpa perlu intervensi dengan ego yang terkadang muncul dari dalam diri kita, karena anak bukanlah kertas kosong.

Film ini hanyalah awal, yang akan mewujudkan sebuah kenyataan baru selanjutnya adalah para orang tua yang peduli akan hal itu. Nantikan, program – program menarik lainnya persembahan dari Rumah keluarga Indonesia (RKI) cabang Pancoran yang akan terus menginspirasi para orang tua Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *