PKS Pancoran Adakan Pelatihan Pengurusan Jenazah Bagi Para Remaja

Spread the love

ArC3NkVMrOUUDtTFlP2kxi0zJb8XH9u1t1OtwPyZm7JO

Ustadz Nizar mengingatkan dan menasihati para peserta yang mayoritas adalah remaja agar selalu mengingat kematian dan menjadikannya sebagai salah satu motivasi agar senantiasa meningkatkan kualitas dan kuantitas amal ibadah. Selain itu, kematian adalah masa depan dan teman terdekat kita. Ia datang tanpa mengenal waktu dan tempat.

Berdasarkan beberapa pengamatan dan pengalaman di lapangan, remaja jarang terlibat dalam pengurusan jenazah. Minimnya perhatian remaja terhadap masalah pengurusan jenazah ini, bisa diakibatkan karena  mereka mungkin berpandangan bahwa pengurusan jenazah adalah urusan orang tua. Selain itu bisa juga disebabkan oleh ketidaktahuan akan ilmu mengenai pengurusan jenazah atau bisa juga karena mereka melihat pengurusan jenazah merupakan hal yang kurang menyenangkan atau bahkan mengerikan.Kenyataan-kenyataan inilah yang mendorong Pengurus DPC PKS Pancoran untuk  mengadakan Training tentang pengurusan jenazah bagi remaja.

Pengurusan jenazah yang merupakan aktivitas fardhu kifayah bagi Umat Islam, sekilas sepertinya terlihat sepele, tetapi jika tidak dipelajari sesuai dengan Sunnah dan Al Quran, maka akan menjadi sesuatu aktivitas yang terasa sangat sulit. Bahkan bisa jadi cara memandikan jenazah tersebut tidak sesuai dengan yang dicontohkan oleh Baginda Rasulullah SAW.

Kegiatan yang dimulai pada pukul 20.00 WIB ini dilangsungkan di Masjid Al Amin hingga pukul 22.30 WIB ini tercatat sejumlah 89 peserta yang mengikuti kegiatan pengurusan jenazah ini. “Dengan adanya pelatihan ini, DPC PKS Pancoran berharap, nantinya para remaja sudah bisa memperaktekan ilmu yang dipelajarinya kemasyarakat, paling tidak mereka sudah bisa mendampingi para pengurus jenazah yang sudah sepuh pada saat pemandian jenazah,” tutup Irfan dari bidang dakwah remaja DPC PKS Pancoran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *