PKS Lenteng Agung Kenalkan Spirit Ramadhan Pada Anak Lewat Dongeng

Spread the love

dongeng_lenteng_agungMenyambut datangnya bulan Ramadhan 1438H, DPRa PKS Lenteng Agung kembali menggelar acara Tarhib Ramadhan yang bertempat di Aula Masjid Al Mujahidin, Jakarta, Sabtu ( 21/5 ). Tarhib tahun ini diisi dengan dongeng untuk anak anak TK dan TPA. Tema yang disampaikan mengenai puasa dengan tujuan untuk memberikan pendidikan dini tentang berpuasa, yang disampaikan oleh pendongeng Kak Dwi dan disela acara dongeng, diselingi dengan pertanyaan doorprize seputar cerita yang disampaikan.

Spirit Ramadhan tidak saja harus dirasakan dan dirayakan oleh orang-orang dewasa, tetapi juga harus hadir bagi anak-anak. Anak-anak juga terlihat tidak kalah semangatnya dalam menyambut Ramadhan. Di pondok- pondok pesantren, di komplek perumahan, gang – gang sampai kampung-kampung, anak-anak muslim ramai-ramai berbaris dalam karnaval atau pawai sambut ramadhan.

Bagaimana peran orangtua membangkitkan spirit anak agar bahagia dan semangat dalam menyambut Ramadhan? salah satuny adalah dengan cerita atau dongeng. Prolog ramadhan dapat disampaikan melalui cerita, ini dapat dimulai seminggu sampai sehari sebelum datangnya Ramadhan. Diantara waktu berdongeng tersebut, kita dapat mengajak anak – anak untuk membuat rencana kegiatan selama bulan Ramadhan nanti, ditambah target yang ingin mereka capai. Paralel sampaikan juga harapan kita sebagai orang tua kepada anak – anak selama ramadhan.

Lewat dongeng, diharapkan suasana Ramadhan akan sudah terbangun dalam alam pikiran anak – anak, sehingga ia akan mengharapkan kedatangan bulan ramadhan dengan penuh semangat dan antusias.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *