PKS Jaksel Suarakan Peran dan Kontribusi Perempuan dalam Membangun Jakarta

Spread the love

Istri Gubernur DKI Jakarta, Ibu Ferry Farhati Ganis menyatakan bahwa keharmonisan dan kebahagiaan sebuah kota, sangat ditentukan oleh sosok perempuan, oleh sosok Ibu. Ketika keluarga harmonis, dampak akan diharasakan oleh seluruh kota, sebagai kota yang saangat bahagia, dari sinilah sososk perempuan menjadi sangat penting. Hal ini disampaikan pada Kajian Tematik Rutin Bidang Perempuan (BPKK) DPD PKS Jaksel yang bertajuk “Peran Perempuan dalam Membangun Kota Jakarta” pada tanggal 14 Maret 2021.

Seminar yang diselanggarakan oleh Biang Perempuan dan ketahanan Keluarga (BPKK) DPD PKS Jaksel ini merupakan perwujudan dari upaya PKS untuk terus menyuarakan peran dan kontribusi perempuan sebagai agen perubahan di tataran kota metropolitan Jakarta. Seminar dihadiri ratusan peserta melalui daring zoom dan youtube PKSTV Jakarta Selatan.

Dalam kesempatan ini, selain ibu Ferry Farhati Ganis, S.Psi, M.Sc. , hadir pula sebagai pembicara adalah Ibu Gesang Utari Amd sebagai Ketua BPKK DPTD PKS Jaksel, Ibu Sylvie Arizkiani Salim, S.Sn., M.Ds seorang pelaku ekonomi kreatif, dan juga Ustadzah Nur Rahma, MA, M.Hum  yang merupakan wakil Ketua Alppind DKI dan juga Litbang Kemenag.

Mereka semuanya mengemukakan poin – poin yang mengubah cara pandang dan mindset masyarakat terhadap keterlibatan perempuan dalam membangun kota Jakarta. Kemudian mereka juga menyampaikan pentingnya untuk meningkatkan kapasitas yang menfasilitasi peranan perempuan dalam membangun dan menjaga pembangunan yang ada di Jakarta. Mereka juga mengemukanan perlu dibangunnya jaringan yang dapat menjadi wadah untuk bertukar pikiran dan pengalaman. Kesemuanya menghimbau kepada kaum perempuan untuk bersama-sama memperjuangkan perubahan pembangunan yang lebih baik.

Sesi pertama membahas “Jakarta sebagai Pusat Aktualisasi dan Optimalisasi Pemberdayaan Perempuan” oleh Ibu Gubernur DKI Jakarta, Ibu Ferry Farhati Ganis, S.Psi, M.Sc. Sesi kedua membahas “Peran Perempuan dan Partai Politik  dalam Mengokohkan Ketahanan Keluarga” oleh Ibu Gesang Utari, Kabid Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) PKS DPD Jakarta Selatan. Sesi ketiga mengulas tentang “Kiprah Perempuan di Sektor Ekonomi ”  oleh Ibu Sylvie Arizkiani, seorang pelaku ekonomi kreatif.  Dan sesi terakhir tentang “Peran Muslimah Mensikapi Perubahan dan Kemajuan Zaman” oleh Ustadzah Nur Rahma, M.Ag , Waka Alpind DKI Jakarta dan Anggota Litbang Kemenag RI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *