PKS Jaksel Siapkan Puluhan Kadernya Menjadi Konselor Keluarga Layani Masyarakat

Spread the love

Pembekalan Konselor Keluarga di Jogja_200816_Achi (3)

Puluhan kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jakarta Selatan siap menjadi konselor bagi masyarakat Jaksel. Hal itu diungkapkan ketua DPD PKS Jaksel, Ustadz Al Mansur Hidayatullah dalam pembekalan konselor tingkat lanjut kader PKS di Yogyakarta, Sabtu (20/08). Kegiatan yang dipelopori oleh Rumah Keluarga Indonesia (RKI) dan Bidang Peremuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) DPW PKS Yogyakarta ini dihadiri 150-an perwakilan dari seluruh Indonesia, kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Bintang Fajar Umbulharjo, Yogyakarta.

RKI Jaksel mengirmkan 40-an kadernya untuk memenuhi pembekalan konselor tingkat lanjut tersebut. Yang dikirimkan adalah kader – kader pasangan suami istri yang selama ini telah mengikuti 6 kali pertemuan rutin pelatihan konselor tingkat DPD PKS Jaksel.

Kader – kader PKS Jaksel akan menjadi konsultan keluarga bagi masyarakat yang membutuhkan, Bidang Perempuan dan Ketahanan Kader PKS Jaksel telah membentuk RKI di seluruh kecamatan di Jaksel. Lewat wadah inilah kader PKS menjadi konsuler bagi masyarakat.

“RKI menjadi lembaga terdepan bagi kader dan masyarakat dalam hal pembentukan keluarga yang lebih sakinah dan berkualitas,” Kata Ibu Asmara Dewi, ketua BPKK PKS Jaksel. “RKI akan membuka konsultasi sosial bagi kader dan masyarakat,” lanjutnya.

Menurut Ibu Asmara Dewi, kokohnya sebuah keluarga menjadi syarat sebuah kemajuan negara, “Untuk meraih sebuah kemajuan, salah satu syaratnya adalah keluarga yang kokoh. Rapuhnya ketahanan keluarga akan mendorong rapuhnya Ketahanan Nasional,” ungkap Ibu Dewi saat mengikuti kegiatan pembekalan konselor keluarga tingkat lanjut.

Dalam pembekalan konselor keluarga ini, RKI Yogyakarta menghadirkan empat orang pemateri dengan berbagai latar belakang keilmuannya masing-masing. Empat orang tersebut adalah Cahyadi Takariawan yang juga dikenal sebagai konselor keluarga sekaligus penulis buku-buku seputar keluarga, Diana Setiyawati, Ph.D dosen Fakultas Psikologi UGM, Prof. Dr. Sofia Retnowati guru besar psikologi dari UGM dan Dr. Bagus Riyono psikolog yang juga dosen di Psikologi UGM.

Para peserta sangat antusias menyimak penjelasan para pemateri. Materi pembekalan meliputi Kompetensi Konselor Keluarga, Family Therapy, Teknik Ketrampilan Dasar Komunikasi Teraputik dalam Konseling, Mengenali dan Mengatasi Kerentanan Keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *