PKS Jaksel Menggunakan Balanced Scorecard Untuk Mapping Program Kerja

Spread the love

photo130101315835635633 (2)

Minggu(24/1), PKS mengadakan pertemuan pengurus dari jajaran BPH sampai ketua biro untuk agenda pra raker kedua. Fokus pertemuan kali ini adalah mapping program startegis ke beberapa Perspective Balance Scorecard.

Balanced Scorecard sudah sering digunakan untuk menerjemahkan strategi organisasi yang sudah ada menjadi program – program kerja. Balanced Scorecard berarti keseimbangan antara aspek Finansial dengan aspek Non-Finansial, juga keseimbangan antara aspek Hasil dengan aspek Proses. Dengan adanya keseimbangan tersebut harapannya dapat terwujud integerasi antar strategi perusahaan secara keseluruhan. Dengan adanya Balanced Scorecard, tidak lagi memisahkan strategi-strategi antar unit dalam organisasi. Strategi organisasi kini mau tidak mu harus saling berhubungan satu sama lain, sehingga terwujud harmonisasi kerja antar bidang di dalam organisasi.

Salah satu komponen inti dari Balanced Scorecard yang sangat penting adalah KPI (Key Performance Indicator) atau IKU (Indikator Kinerja Utama). Indikator ini adalah suatu ukuran yang digunakan untuk menentukan keberhasilan dari suatu strategi atau program kerja. Indikator harus bersifat kuantitatif dan rasional untuk dicapai. Dengan adanya indikator, maka setiap proses yang dilakukan untuk menerapkan strategi organisasi dapat terukur pencapaian kinerjanya.

PKS Jaksel membagi program – program startegis turunan menjadi empat Perspective Balance Score Card (BSC) yaitu pertumbuhan dan pembelajaran (development), proses internal, konstituen, serta capaian pemilu dan jumlah kader. Masing – masing perspective di mapping dalam beberapa startegi. Kemudian program turunan strategis dan program lokal di mapping ke group – group startegi, lengkap dengan indicator kesusksesan dan leading sektornya bidang yang mana. Setelah selesai mapping, maka akan terlihat strategi manakah yang paling banyak program strategisnya, mana yang sedikit. Kemudian dilakukan lagi adjustment untuk strategi – startegi yang masih sedikit program strategisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *