Pesantren Kilat Ramadhan Ceria Persembahan PKS Jagakarsa

Spread the love

 

sanlat jagakarsa2

Pesantren kilat atau yang sering disingkat dengan nama Sanlat, merupakan kegiatan yang sangat positif. Sanlat merupakan salah satu sarana yang efektif dalam rangka membentuk karakter islami pada siswa sekolah. Melalui kegiatan pesantren kilat, siswa dapat dibina akhlakul karimahnya serta ukhuwahnya dari sejak dini. Sanlat juga mampu untuk membentengi akhlak dan moral agar tidak terpengaruh pada budaya global yang cenderung negatif.

Kegiatan pesantren kilat memang harusnya bukan hanya diadakan hanya saat ramadhan saja, sanlat harus terus digelorakan secara berkelanjutan dan bisa menjadi suatu langkah pendidikan yang strategis. Pesantren kilat saat Ramadhan harusnya dijadikan inisiasi atau triger untuk sanlat – sanlet berikutnya, bisa saat liburan semester atau libur hari – hari besar keagaamaan lainnya.

Memasuki minggu awal Ramadhan 1437 H, DPRa PKS Jagakarsa menggelar pesantren kilat “Ramadhan Ceria”. Kegiatan yang bertema ” Generasi Qur’an, Generasi Sholeh, Generasi Cerdas” ini berlangsung dari tanggal 10 Juni hingga 11 Juni 2016.

“Alhamdulillah, kegiatan pesantren kilat ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat, khususnya para pelajar SD dan SMP”, ujar Samuri, sekum DPC PKS Jagakarsa. Beliau juga menambahkan bahwa, “Dengan penyelenggaraan acara ini, kita di PKS berharap semakin menguatnya ikatan silaturahim antara kader – kader PKS dengan pelajar-pelajar di seputar Jagakarsa.” Kegiatan yang berlokasi di sekretariat DPRa PKS Jagakarsa, itu diikuti oleh tiga puluh enam siswa SD dari kelas IV hingga SMP kelas VII.

Penanaman nilai-nilai dasar Islam menjadi tema utama yang dipelajari oleh para peserta disampaikan dalam bentuk game, cerita dan mentoring. Tujuannya adalah membentuk jadi diri anak – anak agar mereka bisa tumbuh sebagai remaja-remaja muslim yang tangguh. Berbagi materi keislaman secara apik dibawakan oleh dua pemateri, yakni Ibu Lita Adriani dan Ibu Ambar Kusuma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *