Pandemi, Ratusan Anggota PKS Jaksel Tetap Berkomitmen Menjaga Tradisi Baik Halal Bihalal

Spread the love

Ahad (30/5), Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jaksel, Al Mansyur Hidayatullah, menegaskan bahwa PKS sebagai partai Islam Rahmatan Lil Alamin terus bersemangat untuk mempertahankan tradisi dan khazanah budaya baik yang menopang ajaran dan syiar agama. Sepanjang tradisi, budaya, dan adat istiadat yang ada tidak bertentangan dengan syariat Islam. Melestarikan nilai-nilai lama yang baik dan menerapkan nilai-nilai baru yang lebih baik. Salah satu tradisi baik itu adalah Halal Bihalal Bulan Syawal.

Halal Bihalal tahun ini mengangkat tema ‘Membangun Bingkai Kebersamaan dan Saling Peduli di Tengah Pandemi”. Menurut Al Mansyur, semangat inilah yang pada era kemerdekaan digagas gemilang K.H Wahab Chasbullah. “Berkat beliau, hingga kini dikenal tradisi halal bihalal sebagai momentum yang tepat untuk saling memaafkan dan mengasihi sesama umat manusia di hari yang fitri. Tak hanya itu, halal bihalal juga menunjukkan bahwa agama Islam menjunjung tinggi sikap persaudaraan, persatuan, dan menghargai perbedaan antara satu dengan yang lain. “

Al Mansyur juga menambahkan bahwa, “Halal bihalal juga berperan untuk mencegah atau memperbaiki permusuhan dan kebencian yang terjadi antar sesama golongan. Istilah halalbihalal sendiri, tidak dapat kita temukan di dalam kamus bahasa Arab. Meskipun begitu, halal bihalal telah menunjukkan eksistensinya yaitu menggambarkan ciri khas masyarakat Indonesia yang dikenal luas dengan sikap ramahnya dan gemar bergotong-royong.”

“Titik tekan Halal Bihalal bukan hanya pada acara sermonialnya saja, tetapi yang lebih penting adalah kaum muslimin harus terus berkomitmen pada Ukhuwah Islamiyah, Ukhuwah Wathoniyah (kebangsaan) dan Ukhuwah Bashariyah (kemanusiaan),” tegas Al Mansyur.

Halal Bihalal kali ini dilakukan dengan cara virtual sebagai antisipasi dampak pandemi COVID-19 dan protokol kesehatan, namun halal bihalal virtual tidak akan menyurutkan makna kebersamaan. Halal Bihalal PKS Jaksel dihadiri oleh 800-an anggota, pengurus DPD, DED, MPD dan juga semua anggota legislatif dapil Jakarta Selatan, ada DR. Hidayat Nur Wahid, DR. Kurnaisih Mufidayati, Drs. Khoirudin, Drs. Achmad Yani, dan Dedi Supriadi.

“Kami keluarga besar PKS Jakarta Selatan mengucapkan selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah. Selamat berbahagia merayakan hari kemenangan, setelah satu bulan berpuasa. Minal aidzin wal faidzin. Mohon maaf lahir dan batin,” ujar Ketua DPD PKS Jaksel Al Mansyur Hidayatullah di Jakarta Selatan, Ahad (30/5/2021).

Al Mansyur meyakini, dengan semangat kolaborasi dan gotong royong semua pihak, Jakarta dan Indonesia akan bisa melewati masa pandemi dengan baik. “Idul Fitri saat yang pas untuk berefleksi, kembali ke dalam fitrahnya hati, diiringi doa dan harapan agar ke depan kita bisa bersama-sama, berkolaborasi lebih konsisten dalam menjalankan kebaikan kepada sesama,” ujar Al Mansyur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *