Asah Emosi dan Fokus, Pengurus PKS Jaksel Gelar Sesi Panahan

Spread the love

Jaksel_panahan“Dengan panahan, saya bisa belajar fokus,” ujar Bang Adi, salah satu pengurus PKS Jaksel Bidang Polhukam. Panahan memiliki manfaat melatih daya fokus. Saat melakukan kegiatan memanah, kita dilatih untuk memusatkan fikiran pada satu titik yang hendak dicapai. Ketika fikiran kita terpusatkan pada satu titik, dengan sendirinya tubuh akan merespon dan bergerak menuju target.

Sementara Bang Yamin, sekum PKS Jaksel mengatakan, olahraga panahan juga dapat digunakan sebagai sarana untuk latihan konsentrasi. Selain itu, panahan juga mampu mengasah mental para pengurus. “Dalam proses memanah, seseorang tentu memiliki titik target. Dari hal ini, mental akan terbentuk saat busur mengenai sasaran, ataupun kalau belum mengenai sasaran,” ujar Bang Yamin.

Sementara Bang Mansur, Ketua DPD PKS Jaksel mengetakan bahwa, “Memanah melatih emosi kita. Ketika target sudah diletakan, namun emosi kita gugup, marah, atau kurang sabar, maka sudah barang tentu tujuan bakal mudah melenceng. Panahan melatih kita untuk belajar tenang serta mengatur emosi.”

“Memanah bisa melatih kepercayaan diri saya,” ujar Bang Arya dari Bidang Ekonomi dan Pemberdayaan.

Materi yang disampaikan instruktur tidak hanya dalam bentuk teori tetapi juga langsung dipraktekkan. Kegiatan ini berlangsung dua hari di camp selaras Cikidang Sukabumi. Camp tampak ramai dengan riuh tawa canda para pengurus PKS Jaksel baik laki – laki maupun perempuan. Setelah acara gathering yang lain, para pengurus antusias mengikuti kelas dadakan, belajar memanah.

“Kita harus bisa menjaga keseimbangan tangan, badan, tetap tenang, pandangan fokus ke sasaran”, pesan salah satu instruktur kepada para pengurus PKS Jaksel yang memasuki sesi wajib latihan memanah, sebuah olahraga atau seni beladiri yang sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu. Rasulullah SAW bersabda “Kamu harus belajar memanah karena memanah itu termasuk sebaik-baik permainanmu.”

Para pengurus PKS Jaksel berlatih dengan menggunakan botol dan kaleng sebagai sasaran, sementara mata anak panah diganti dengan bahan yang tidak runcing, agar tidak membahayakan. Botol dan kaleng mulai menjadi sasaran empuk anak panah yang dilepaskan dari busur para pengurus PKS Jaksel. Tidak semua pengurus berhasil meluncurkan anak panahnya tepat mengenai target. Rasa penasaran mendorong mereka untuk mengulanginya. Awalnya jarak target diletakan di jarak 5 meter, kemudian akan digeser ke 10 meter, kemudian terakhir digeser lagi di titik 15 meter. “Tetap tenang, pegang busur dengan benar, santai dan gunakan powernya,” teriak instruktur.

“Panahan bisa menjadi sarana kami untuk melatih kesabaran, konsistensi, dan fokus,” ujar Bu Erni salah satu pengurus Bidang Sosial. “Bisa juga nih, untuk obat stres,” canda Bang Pandu dari bidang Kepanduan dan Olah Raga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *