Ketua Bidang Perempuan PKS Jaksel Berbagi Tips Mengolah Daging Kurban

Spread the love

asmara dewiHampir seluruh warga, khususnya umat muslim di hari raya Idul Adha akan menyantap hewan kurban usai disembelih. Hari raya Idul Adha sangat identik dengan adanya daging sapi dan kambing. Setiap ibu akan sibuk di dapur untuk memasak daging hewan kurban yang mereka dapatkan. Sayangnya, kadang daging yang dimasak terasa sangat keras dan susah digigit. Daging kurban hingga empuk, memang menjadi idaman para kaum ibu dan juga anggota keluarga yang lain.

Nah di sini, Ibu Asamara Dewi, ketua Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) DPD PKS Jaksel berbagi tips dan trik agar daging empuk dan tidak alot.

Pertama, potong daging melintang seratnya, dipotong kecil – kecil dan direbus lebih lama, caranya sangat sederhana, trik ini ampuh membuat daging lebih empuk saat dimasak.

Kedua, daging mentah dibungkus dengan daun pepaya. Daun pepaya bisa membuat daging menjadi empuk karena memiliki enzim papain yang berfungsi sebagai pelunak serabut daging. Sebelum membungkus daging, daun pepaya harus diremas dahulu daunnya agar getahnya keluar, diamkan selama 30 menit.

Ketiga, bisa juga dengan menyiram daging kambing yang sudah dipotong-potong dengan air panas, kemudian celupkan ke dalam parutan air nanas muda selama 3-4 menit. Getah cairan nanas mengandung bromelin, yang bisa membantu memotong serat daging.

Sajian Idul Adha yang umumnya berbahan daging memang sangat lezat untuk dinikmati bersama keluarga.

Hari-hari tasyrik adalah hari makan dan minum ( HR. Muslim)

Ibu Asmara Dewi berpesan, “Hal penting yang harus diperhatikan untuk suadara-saudara yang akan mengkosumsi daging kurban, silahkan mengosumsi daging kurban namun jangan berlebihan. Jangan lupa imbangi juga dengan makan buah dan sayur untuk mengurangi efek samping makan daging. Selamat makan daging kurban, tetap jaga kesehatan dan selamat berakhir pekan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *