Kajian Rutin Al Qur’an Kader PKS Pesanggrahan

Spread the love

Kajian Juz  29_12-19 Juni 2016_Daru (7)

Sudah menjadi agenda rutin dari DPC PKS Pesanggrahan untuk para kader, mengisi kegiatan Ramadhan dengan kajian. Kajian kali ini membahas tentang Al Qur’an Juz 29 yang mengupas tuntas Surat Al Mulk atau surat Tabarak.  Kegiatan ini berlangsung dua sesi tiap Ahad, 12 Juni dan 17 Juni pagi di Masjid Baiturrahman, Kompleks Depsos, Bintaro Jakarta Selatan.

Terlihat antusiasme para kader yang mulai berdatangan dari pukul 09.00 WIB, satu per satu memenuhi lokasi acara. Dibuka dengan tilawah Al Qur’an, lalu masuk ke acara inti yaitu kajian Juz 29 Surat Al Mulk oleh Ustadz Nandar Sunandar, Lc, MSc. Beliau memaparkan keistimewaan Surat Al Mulk secara detail ayat per ayat sesuai tafsir dan hadist.

Dari ‘Abdullah bin Mas’ud, ia berkata, “Siapa membaca ‘Tabarokalladzi bi yadihil mulk (surat Al Mulk)’, setiap malam, maka Allah akan menghalanginya dari siksa kubur. Kami di masa Rasulullah SAW menamakan surat tersebut dengan ‘al-Mani’ah’ (penghalang dari siksa kubur).”

Surat Al Mulk adalah salah satu surat di dalam Kitabullah. “Siapa membacanya setiap malam, maka ia telah memperbanyak dan telah berbuat kebaikan.” (HR. An-Nasai dan Al-Hakim)

Rasulullah SAW juga bersabda, “Ada suatu surat dari Al Qur’an yang terdiri dari tiga puluh ayat dan dapat memberi syafa’at bagi yang membacanya, sampai dia diampuni, yaitu Tabaarakalladzii biyadihil mulku… (surat Al Mulk).” (HR. Tirmidzi, Abu Daud, Ibnu Majah, dan Ahmad, dari Abu Hurairah ra).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *