Kader PKS Jaksel Terus Konsisten Ikuti Boot Camp ComDev

Spread the love

comdev1

Sabtu (16/4) pagi hingga sore, Bidang Pemberdayaan SDM dan Lembaga Profesi (BPSDMLP) DPD PKS Jakarta Selatan melanjutkan acara Community Development  (ComDev) Training yang sudah memasuki fase boot camp. Program ComDev  merupakan salah satu amanah munas pada aspek pemberdayaan masyarakat.

Acara ini merupakan lanjutan acara ComDev sebelum – sebelumnya setelah melewati fase preparation, stadium general, serta evaluasi kuisioner,  pekan ini peserta mulai memasuki fase boot camp. Fase ini diadakan di Pakarti Durentiga Jakarta Selatan.

Acara lanjutan kali ini dihadiri peserta 60-an orang lebih dari seluruh wilayah Jakarta Selatan. Pada fase boot camp, peserta dikenalkan dengan social mapping oleh Kang Idzma, juga dasar – dasar pemberdayaan yang disampaikan oleh Kang Baron.

Rizaludin, sebagai ketua BPSDMLP DPD PKS Jakarta Selatan mengatakan bahwa,  “Kita sering melakukan banyak kegiatan sosial, memberi masyarakat apa yang sesungguhnya tidak atau belum mereka butuhkan …”  Hal senada juga diungkapkan Ketua DPD PKS Jakarta Selatan, Al Mansur Hidayatullah, “Community Development (ComDev) adalah salah satu model pendekatan pembangunan  (bottoming up approach)  yang melibatkan peran aktif masyarakat beserta sumber daya lokal yang ada. Catatannya adalah ComDev harus selalu mengerti bahwa masyarakat itu punya tradisi, dan juga punya adat-istiadat, yang itu merupakan potensi yang dapat dikembangkan sebagai kekuatan sosial.”

Sikap hidup masyarakat yang perlu diubah tentunya sikap hidup yang merugikan atau menghambat peningkatan kesejahteraan hidup. Merubah sikap bukan pekerjaan mudah, memerlukan waktu yang cukup lama untuk melakukan perubahan sikap. Masyarakat memiliki pemikiran dan pola pikir masing-masing, berbeda tiap orang dan tiap lapisannya. Oleh karena itu perlu diperhatikan secara bijaksana cara-cara penyadaran masyarakat.  Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan banyak informasi dengan menggunakan berbagai media. Kuncinya adalah menempatkan masyarakat sebagai pelakunya, untuk itu masyarakat perlu diajak mulai dari perencanaan kegiatan, pelaksanaan, sampai pemeliharaan dan pelestarian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *