Kader PKS Jaksel Berlatih Membaca Kompas

Spread the love

IMG_0489

Latihan hari kedua, Jumat (8/4) Kemah Pandu Keadilan PKS Jaksel gelombang pertama diisi dengan kegiatan pengenalan Kompas dan membacanya. Kegiatan ini bertujuan untuk memberi bekal pengetahuan dan ketrampilan kepada kader – kader PKS Jaksel dalam hal menggunakan kompas bidik, membaca kompas, mencatat data, dan menggambarkan dalam sebuah bentuk  sederhana.

Waktu menunjukan pukul 14.00 saat 200 an kader PKS Jaksel duduk rapi menurut regunya masing-masing di lapangan bumi perkemahan Cidahu Jawa Barat. Pak Cahya kemudian menyampaikan materi pengantar tentang navigasi darat, yakni membaca kompas. Setiap regu pun mengeluarkan kompas bidik bawaannya masing – masing.

Pentingnya membaca kompas, untuk mengetahui arah, utara, selatan, timur dan barat serta untuk mengetahui koordinat suatu benda atau titik koordinat yang kita maksudkan. Seorang kader sangat disarankan untuk bisa menggunakan kompas, karena ini penting saat navigasi. Terlebih lagi bagi kader yang juga relawan bencana. Indonesia sangatlah luas, bencana alamnya pun tak kalah sering. Hutan yang luas, serta medan pegunungan, membuat titik lokasi bencana tidak mudah ditentukan.

Dengan memegang sebuah kompas Pak Cahya dari kepanduan DPP PKS menjelaskan bagaimana cara memegang kompas bidik yang benar. Kompas dipegang dengan tangan kanan dengan posisi seperti orang membidik. Dan posisi dari kompas harus dalam posisi datar dan stabil. Usai penjelasan dari Pak Cahya, giliran kader – kader mempraktekkan apa yang telah dicontohkan oleh Pak Cahya. Pak Cahya dengan telaten dan sabar membimbing para peserta kemah pandu keadilan menggunakan kompas bidik.

Usai melakukan bidikan pada sasaran, selanjutnya para peserta membaca sudut yang tertera pada kompas. Selanjutnya mereka catat dalam buku catatan mereka. Setelah itu kader – kader berjalan menuju pohon obyek yang mereka bidik dan menghitung langkah. Data ini pun mereka catat kembali di buku catatan. Demikian terus mereka ulangi, sampai mereka berhasil membidik enam sasaran. Usai membidik dan mencatat data mereka mencoba menuangkan hasil bidikan mereka pada sebuah peta sederhana. Dengan bimbingan Pak Cahya dan tim kepanduan DPP dan DPD PKS Jaksel, para kader berhasil membuat peta sederhana dari data yang mereka kumpulkan.

Seluruh regu telah berhasil menyelesaikan kegiatan membuat peta mereka. Hasil kerja mereka walau masih sederhana, namun sudah menunjukkan bahwa mereka mulai memahami bagaimana cara menggunakan kompas di lapangan. Kemudian Pak cahya dan panitia melakukan evaluasi apa yang telah mereka lakukan pada latihan membaca kompas sore itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *