Jumlah Pekurban Yang Menitipkan Hewannya ke PKS Pancoran Meningkat

Spread the love

pancoran - kurban pks

Partai Keadilan Sejarhtera (PKS) Pancoran selalu menjadikan Hari Raya Kurban sebagai momentum untuk menjalin kebersamaan dan berbagi kebahagiaan dengan masyarakat. Maka di Hari Raya Kurban 1437 H Senin hari ini (12/9), semua kader PKS Pancoran di berbagai ranting (kelurahan) serentak memotong hewan kurban untuk disalurkan kepada masyarakat yang berhak.

Proses pemotongan hewan kurban tersebar di seluruh sekretariat – sekretariat Dewan Pengurus Ranting (DPRa) maupun Cabang (DPC) PKS Pancoran. Tahun ini total pekurban yang menitipkan kurbannya ke struktur PKS Pancoran sebanyak 12 sapi dan 17 kambing, jumlah ini meningkat 23 pekurban dibanding tahun 2015 yang lalu. Mayoritas penyembelihan hewan kurban dilaksanakan pada Senin pagi (12/9) setelah sholat Idul Adha.

“Alkhamdulillah tahun ini jumlah pekurban bisa meningkat, ini bukti kepercayaan warga kepada PKS Pancoran terus meningkat, demikian juga kesadaran kader. Semuanya menitipkannya pada strutur PKS untuk dibagikan kepada warga,” ujar Ketua DPC PKS Pancoran, Bang Erik Husein.

Untuk pembagiannya, PKS Pancoran tidak menggunakan kupon karena untuk menghindari penumpukan massa, kericuhan dan juga kekurang tepatan sasaran. Oleh karenanya sudah bertahun – tahun PKS Pancoran selalu menggunakan pembagian door to door ke warga masyarakat yang benar – benar membutuhkan. Lewat para koordinator RT (korte) deteksi dini dilakukan dan daging kurban diantar ke rumah – rumah warga yang lebih membutuhkan tersebut.

“Sistem kupon sering menyebabkan kegaduhan antrian, dan tidak jarang ada yang tersakiti. Oleh karena itu kita berinisiatif melakukan pendeteksian dini atas warga yang membutuhkan sebelum hari penyembelihan kurban dan besoknya membagikan langsung diantar ke mereka. Semuanya kita lakukan melalui para kader dan koordinator RT (korte) yang ada di semua wilayah” ungkap Bang Erik.

Tahun ini memang penyaluran hewan kurban masih lebih sedikit dibanding tahun – tahun sebelumnya, mungkin ini salah satu gambaran kondisi ekonomi yang masih belum benar – benar pulih. Tahun 2011 DPC Pancoran menyalurkan 47 hewan kurban, tahun 2012 menjadi 94 hewan kurban, tahun 2013 ada 61 hewan kurban, tahun 2014 sebanyak 34 hewan kurban, sementara tahun 2015 ini ada 24 hewan kurban, Dan tahun 2016 ini naik menjadi 29 hewan kurban.

Ukuran kesuksesan sebuah kepanitiaan kurban bukan semata-mata pada banyaknya pekurban yang menyetorkan uang kurban atau hewan kurbannya ke panitia kurban. Sekali lagi bukan pada banyak atau sedikitnya jumlah hewan kurban, tapi yang lebih penting adalah seberapa besar keikhlasan kita untuk berkurban. Yang diterima adalah bukan banyaknya darah dan banyaknya daging hewan kurban yang dibagikan, tetapi seberapa besar keikhlasan dan syukur kita. Ingatlah yang akan sampai kepada Allah adalah ketakwaan kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *