Habib Idrus Al Jufrie dan Komunitas Anak Muda Hadiri Buka Puasa di Kantor PKS Jaksel

Spread the love

Bulan Ramadhan merupakan momen yang tepat untuk bersilaturahmi dan berkumpul untuk merekatkan hubungan. Berlokasi di sekretariat DPD PKS Jaksel Jalan Warung Buncit, Sabtu (1/6), komunitas anak muda di Jakarta Selatan hadir dalam acara buka puasa bersama Habib Idrus Al Jufrie dan juga pengurus PKS Jaksel.

Acara buka puasa bersama ini dihadiri puluhan anak – anak muda Jaksel dari ebebrapa komunitas. Tidak seperti buka bersama pada umumnya, acara ini dikonsep dengan tema “Ramadhan Green“ zero waste 3000 kindness. Adi salah satu penggagas konsep “Ramadhan Green” mengatakan bahwa pada acara ini ingin mengingatkan bahwa keberkahan ramadhan bisa diraih dari kepedulian terhadap lingkungan, “Kita bisa meminimalisir penggunaan styrofoam, sedotan, plastik kresek, 14% sampah adalah plastik. Selain itu kita juga bisa mengurangi makanan sisa, ingat 500 ton makanan terbuang selama ramadhan,” ujar Adi.

Ketua DPD PKS Jaksel, Al Mansur Hidayatullah mengatakan, acara ini adalah bentuk apresiasi PKS Jaksel terhadap komunitas-komunitas anak muda yang memang harus terfasilitasi dan terkordinasi. “Ini idenya sangat  luar biasa, sangat visioner mempertemukan komunitas-komunitas anak muda untuk memulai gerakan yang baik. Mereka ini adalah penggerak di bidangnya masing-masing yang harus terfasilitasi dan terkordinasi oleh elemen bangsa seperti partai politik,” kata Al Mansur.

“Mereka ke depan akan menjadi aktor-aktor di seluruh kegiatan kebangsaan dan kenegaraan,” tambah Al Mansur.

Bumi adalah amanah, dan setiap amanah akan diminta pertanggungjawabannya. Ada banyak nasehat dalam Al Qur’an maupun Hadits yang berhubungan untuk melestarikan lingkungan dan tidak berlaku boros.

Allah Ta’ala berfirman, Telah nampak kerusakan di darat dan di lautan disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)” (QS Ar Ruum: 41-42)

Dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan.” (QS. Al Isro’ [17]: 26-27).

“Tidak boleh ada bahaya dan tidak boleh membahayakan orang lain (mahluk hidup lain).”  (HR. Baihaqi)

“Seorang muslim adalah seseorang yang orang muslim lainnya selamat dari ganguan lisan dan tangannya” (HR. Muslim no. 64, Bukhari no. 10)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *