Tim Yankes PKS Jaksel Siap Berkhidmat Dari Pintu ke Pintu Warga

Spread the love

Masalah yang ada di Jakarta sangat kompleks, diantaranya disebabkan oleh kepadatan penduduk yang makin tinggi. Rekomendasi WHO, kepadatan penduduk itu 9.600 orang per km2, sementara di Jakarta, kepadatan penduduk telah mencapai 17.000 orang per km2. Dengan jumlah penduduk yang padat,  kawasan tempat tinggal pun menjadi berpotensi kurang sehat.

Meskipun Puskesmas sudah tersebar hingga tingkat kelurahan, tidak semua warga yang membutuhkan layanan maupun mengecek kesehatan bersedia untuk datang ke puskesmas. Oleh karenanya tim yankes / medis dari Bidang Sosial PKS Jaksel membuat terobosan pelayanan kesehatan “Door 2 Door”. Program ini merupakan upaya PKS untuk berkhidmat kepada warga, khususnya membantu warga dalam melakukan pengecekan kesehatan dan konsultasi kesehatan.

Tim yankes ini, terdiri dari beberapa kader dan simpatisan yang sehari – harinya bertugas sebagai dokter, petugas medis, ahli bekam, ahli totok unggung, tukang pijat dan lain – lain. Tim ini akan menyebar ke seluruh wilayah Jakarta Selatan. Tim ini akan turun ke lapangan melakukan edukasi, pengecekan kesehatan, upaya pencegahan penyakit. Layanan pengecekan kesehatan yang diberikan diantaranya, pengecekan golongan darah, pengecekan tekanan darah atau tensi, tes diabetes, asam urat dan lain – lain.

Sudah bukan rahasia umum, jika Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dikenal sebagai partai yankes dan baksos. Karena jauh sebelum pemilu, PKS sudah lebih dulu memulai program-program layanan sosial untuk masyarakat. Program sosial tersebut tetap menjadi icon PKS hingga saat ini walau di basis masyarakat yang tidak memilih PKS sekalipun. PKS didirikan salah satunya memang untuk melayani dan memudahkan kesulitan yang dialami masyarakat. Sehingga saat ada bencana, musibah atau kesulitan di masyarakat maka kader – kader PKS akan cepat membantu.

Pengalaman di lapangan dan juga berita di media, PKS menunjukkan bahwa mereka adalah parpol yang sering menyelenggarakan program social. Sebuah survey pernah  menempatkan PKS di posisi tertinggi dari partai yang lain untuk urusan program sosial, PKS mendapatkan 26,5 persen, paling tinggi dibanding partai yang lain. Survei dilakukan terhadap 2.442 responden di 33 provinsi, dengan tingkat kesalahan penelitian sebesar 1,98 persen.

PKS bukanlah partai musiman, seperti pohon buah yang akan memberikan buahnya pada musim – musim tertentu saja. Dengan layanan kesehatan dan baksos inilah, kader dan simpatisan PKS dengan kerja – kerja nyatanya menepis berbagai isu miring yang ada. Justru kadang pembelaannya muncul dari masyarakat itu sendiri. Masyarakat menaruh harapan besar pada PKS di tahun 2019, karena PKS tetap melayani masyarakat.

One thought on “Tim Yankes PKS Jaksel Siap Berkhidmat Dari Pintu ke Pintu Warga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *