Home » Nasional » Reses Anggota DPR RI Hidayat Nur Wahid, Komitmen Jaga NKRI dan Pancasila Bersama Umat

Reses Anggota DPR RI Hidayat Nur Wahid, Komitmen Jaga NKRI dan Pancasila Bersama Umat

img_20171127_120207-resized-240Dalam rangka mendekatan diri kepada masyarakat para anggota DPR RI daerah pemilihan (dapil) Jakarta Selatan melakukan reses di beberapa tempat, seperti yang dilakukan oleh anggota DPR RI Hidayat Nur Wahid di Resto Bahari Jalan Raya Buncit Jakarta Selatan, Sabtu (25/11).

Dijelaskan anggota DPR RI dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, bahwa kegiatan reses yang dilaksanakan ini merupakan masa kerja para anggota dewan bekerja di luar gedung DPR. Selain untuk menjumpai para konstituennya di dapil, masing-masing juga merupakan bagian dari menampung aspirasi warga untuk disampaikan kepada Pemerintah.

Hidayat Nur Wahid (HNW) didampingi pengurus DPD PKS Jaksel menemui para konstituen untuk menyosialisasikan Empat Pilar MPR RI. Tema yang disampaikan yaitu Pancasila sebagai Landasan Ideologi Negara, UUD RI 1945 sebagai Konstitusi Negara dan Ketetapan MPR RI, Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai Bentuk Negara, serta Bhineka Tunggal Ika sebagai Semboyan Negara.

HNW menyampaikan bahwa Empat Pilar MPR RI yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika tidak bertentangan dengan ajaran Islam. Pemahaman tentang empat pilar kebangsaan ini disampaikan HNW sangat penting bagi para tokoh masyarakat.

HNW menegaskan begitu pentingnya pemahaman dari empat pilar ini, yaitu memahami secara keseluruhan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari – hari. Menjadi sangat memprihatinkan ketika banyak terjadi di masyarakat yang menyatakan Pancasilais namun sebenarnya tidak menerapkan sila – silanya, sila pertama misalnya, tentang Ketuhanan.

Karena itu, para tokoh masyarakat harus siap mengawal empat pilar ini dengan baik. Mengawal dalam arti memahami dari sila tersebut, melaksanakannya serta mengamalkannya.

“Kita sangat mengapresiasi kegiatan reses ini, semoga apa yang kita dapatkan bisa bermanfaat  dan juga aspirasi kita bisa ikut  diperjuangkan,”  ujar Dwi, salah seorang peserta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>