Home » Taujih » Refleksi Akhir Tahun Ketua PKS Jaksel: Momentum 1439 H untuk Kebangkitan Umat

Refleksi Akhir Tahun Ketua PKS Jaksel: Momentum 1439 H untuk Kebangkitan Umat

al mansur hidayatullah dpd jakselPergantian tahun merupakan salah bagian dari pergiliran waktu dalam kehkehidupan ini. Ia layaknya pergantian dari waktu ke waktu, hari ke hari, bulan ke bulan dan seterusnya. Pergantian tahun hijriah bagi kaum muslim memiliki makna tersendiri. Karena ia selalu menghadirkan kembali momentum bersejarah, yaitu hijrah Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya dari Makkah menuju Madinah. Suatu babak baru dalam perjalanan dakwah Nabi Muhammad SAW sehingga menyebar ke seluruh penjuru dunia hingga kini. Maka, memaknai pergantian tahun pun semestinya kita sebagai seorang muslim mampu menghadirkan kembali spirit dan semangat hijrah untuk menghadirkan semangat baru dan kebangkitan baru di masa depan.

Refleksi hijrah adalah semangat baru dan kebangkitan baru untuk menghadirkan perubahan yang lebih baik. Momentum Tahun Baru Hijriah ini mengharuskan kita memiliki komitmen untuk mencapai prestasi-prestasi dan raihan terbaik bagi umat, bangsa dan negara ini.

Seorang muslim harus memiliki visi dan misi kedepan yang berorientasi perubahan pada kebaikan. Seorang yang beriman harus mempersiapkan masa depannya baik dalam konteks kehidupan dunia dan akhiratnya kelak. Sebagaimana dijelaskan dalam Al Quran,

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap jiwa memperhatikan apa yang telah dipersiapkannya untuk hari esok; dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (Qs. Al-Hasyr [59]: 18)

Momentum hijrah adalah momentum kebangkitan dan perubahan ke arah yang lebih baik. Perubahan harus dimulai dari diri sendiri, perubahan yang bersumber dari niat dan motivasi diri.

إِنَّ اللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّىٰ يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ ۗ

Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan pada diri mereka sendiri.” (Qs. Ar-Ra’d [13]: 11)

Sebagai bangsa yang mayoritas penduduknya muslim, Tahun Baru Hijriyah seharusnya menjadi momentum untuk kebangkitan baru dan perubahan baru menjadi negara dan bangsa yang besar, yang mampu menghadirkan solusi bagi kehidupan ini. Sebagai negara yang luas dan sumber daya alamnya yang melimpah serta sumber daya manusianya yang banyak.Bangsa ini seharusnya menjadi negara yang maju dan disegani. Dan disaat dunia terutama dunia muslim menghadapi berbagai permasalahan, bangsa ini mampu menjadi solusi yang menghadirkan kebaikan. Semangat hijrah yang mengantarkan bangsa ini bangkit dan memiliki semangat dalam membangun bangsa dan mampu meninggalkan segala bentuk diskriminasi, korupsi, manipulasi dan kecurangan-kecurangan yang hanya menguntungkan segelintir orang atau golongan. Hijrah mampu menghadirkan “baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur”.

Bagi setiap muslim, semangat hijrah harus senantiasa tertanam di dalam diri, semangat yang selalu menghadirkan yang terbaik dan meninggalkan yang buruk, sebagaimana sabda Nabi saw: “Muhajir (yang berhijrah) adalah orang yang meninggalkan segala yang dilarang oleh Alloh”. Maka setiap muslim hendaknya senantiasa instropeksi dan mengevaluasi diri untuk kebaikan dan kemajuannya. Seorang muslim dituntut untuk senantiasa bekerja keras dan selalu menghadirkan perubahan kearah yang lebih baik. Semangat menginstropeksi inilah yang selalu ingin dihadirkan oleh Umar Ibnu Khattab, dalam ungkapannya: “Hisablah (instropeksi) dirimu sebelum engkau dihisab dan timbanglah (amal) sebelum engkau ditimbang”.

Tahun 1439 H telah membersamai kita, tahun, bulan-bulan dan hari-hari serta setiap saat dan masa pada tahun ini akan menjadi saksi dari niat, motivasi dan tekad dari pembuktian nilai-nilai hijrah dalam diri kita sebagai seorang muslim. Semoga Allah memberikan kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat kelak. Saatnya kita berhijrah dengan melakukan perubahan menuju kebangkitan baru dan semangat baru.

Selamat Tahun Baru Hijriyan 1439.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>