Home » Kegiatan PKS » Ratusan Orang Nobar Film Si Pitung Bersama PKS
Ratusan Orang Nobar Film Si Pitung Bersama PKS

Ratusan Orang Nobar Film Si Pitung Bersama PKS

img-20171223-wa0009-resized-240Ratusan warga antusias bersama PKS Pancoran nonton bareng film Si Pitung di RW08 kelurahan Kalibata Jakarta Selatan pada Jum’at malam (22/12).

Nobar ini merupakan inisiatif DPC PKS Pancoran, ratusan penonton berdatangan memadati lokasi yang berada di RW08 Kalibata. Hadir juga wakil ketua MPR RI, Ustadz Hidayat Nur Wahid.

Nobar film Si Pitung ini juga dalam rangka mengokohkan nasionalisme dan memupuk kecintaan generasi muda pada budaya daerah, bhineka tunggal ika dan juga NKRI.

Kisah Pitung sejatinya dapat ditemui di Kitab Al Fatawi yang dtulis ulang dari tulisan lama ke dalam bahasa arab melayu oleh Al Allamah Asy-Syekh KH Ratu Bagus Ahmad Syar’i.

Pitung atau Pituan Pitulung adalah salah satu organisasi perlawanan rakyat Jakarta yang dibentuk pada tahun 1880 Masehi oleh Kyai Haji Naipin atas saran dari Pejuang Jayakarta dan Sesepuh Adat. Kyai Haji Naipin adalah seorang yang alim dan juga dikenal sebagai salah satu ahli silat yang handal di kawasan Tenabang.

Nama Pitung yang berarti 7 pendekar penolong, yang merupakan 7 santri terbaik Kyai Haji Naipin. Nama Pitung juga terinspirasi dari Surat Al Fatehah yang terdiri dari 7 ayat. Oleh karena itu ke 7 Pendekar ini selalu ditekankan untuk terus menghayati dan mengamalkan kandungan Surat Al Fatehah dalam setiap perjuangan mereka.

Mereka setia terhadap persahabatan, selalu menolong rakyat, hormat patuh terhadap orangtua, ulama dan sesepuh adat. Mereka juga sangat keras perlawanannya terhadap para tuan tanah dan para centengnya, penjajah Belanda, serta para inlander mata – mata Belanda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*