Home » Kegiatan PKS » PKS Setiabudi Fasilitasi Lomba Meracik Sambal
PKS Setiabudi Fasilitasi Lomba Meracik Sambal

PKS Setiabudi Fasilitasi Lomba Meracik Sambal

Tidak ada yang tidak kenal dengan sambal, makan tanpa sambel sepertinya tidak lengkap dan kurang selera. Makanan khas nusantara yang satu ini bukan lagi hanya sebagai makanan komplementer. Sambel seperti menjadi makanan wajib keluarga, sehingga aktivitas “nyambel” merupakan ritual wajib bagi para kaum ibu di rumah. Oleh karenanya Rumah Keluarga Indonesia (RKI) PKS Setiabudi memfasilitasi permintaan ibu – ibu kelurahan Menteng Atas untuk mengadakan lomba membuat sambal.

Menurut Wahyu Supartono dari Laboratorium Analisa Mutu dan Standarisasi, Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada, bahwa minat yang tinggi terhadap sambal ini dipengaruhi iklim tropis yang ada di Indonesia. Warga iklim tropis memang akan suka sekali makanan pedas karena suhu panas sementara sub tropis lebih suka makan-makanan yang soft tanpa berani eksplorasi bumbu.

Dalam lomba sambal tersebut, ibu – ibu memilih dan menyediakan bahan sendiri seperti cabai merah, tomat, bawang merah dan terasi serta bumbu lainnya seperti kemiri, ketumbar dan gula serta cobek batu dan ulekannya. Membuat sambal, teryata tidak gampang. Harus pintar mencampur bahan-bahan, terlebih lagi saat menguleg untuk melembutkan bahan agar halus. Lomba diselenggarakan pada hari ahad (25/2) di gedung Karang Taruna kelurahan Menteng Atas.

Sementara juri lomba menetapkan empat kriteria penilaian yang meliputi kreativitas, rasa, keindahan penyajian dan kebersihan. Peserta yang menang akan mendapatkan hadiah – hadiah menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*