Home » Kegiatan PKS » PKS Jaksel Memelihara Kekompakan Pengurus Dengan Rafting

PKS Jaksel Memelihara Kekompakan Pengurus Dengan Rafting

IMG_4989Sabtu (5/8) sampai Minggu, Seluruh pengurus PKS Jaksel mengikuti kegiatan yang bertujuan untuk melatih mengarungi masalah, melatih kekompakan, kesolidan dan kerjasama melalui arung jeram atau biasa disebut dengan rafting. Rafting dilakukan di sungai Citarik Sukabumi.

Kegiatan ini diikuti seluruh jajaran pengurus dari pengurus harian, ketua bidang, ketua biro sampai staf kantor kesekretariatan, semuanya berjumlah 60 orang. Perjalanan dari Warung Buncit sampai lokasi di desa Cikidang Sukabumi dilalui dengan menggunakan 3 kendaraan bus. Rombongan berangkat dari kantor DPD PKS Jaksel pukul 08.00 WIB dan tiba di lokasi pukul 12.00 WIB.

Peserta dibagi dalam 2 kelompok yang terdiri dari 30 orang per kelompok. Kelompok pertama melakukan rafting pada hari pertama, sementara kelompok kedua pada esok harinya. Sesampai di lokasi pemberangkatan perahu, kelompok pertama langsung diminta memakai pelampung, helm dan mengambil dayung. Pengarahan dan pembagian perahu oleh instruktur dilakukan sebelum pemberangkatan, setelah pengarahan kemudian peserta menuju perahunya masing – masing. Sebagian dari mereka ada yang merupakan pengalaman pertama, sehingga wajar beberapa peserta memasang mimik muka dengan sedikit takut dan khawatir.

Rute perjalanan yang dilalui untuk rafting sekitar 6 km dengan medan yang cukup menantang. Para peserta dihadapkan dengan sejumlah jeram yang dapat membuat perahu miring ataupun terbalik. Di saat itulah kekompakan, kesolidan dan kerja sama antar peserta sangat diperlukan. Bagitu pula saat kekompakan saat mendayung, mencari jalur yang aman, dan kebersamaan saat membebaskan perahu yang menyangkut dari batu. Peran pemimpin perahu atau skipper harus benar – benar tepat, peserta juga harus mematuhi dan mengikuti aba – aba skipper untuk dayung depan, dayung belakang, geser kanan atau kiri dan juga boom.

Setelah satu jam perjalanan, kemudian rombongan istirahat sejenak di pinggir sungai sebelum melanjutkan sisa perjalanan. Menceritakan kesan separo perjalanan antar sesama peserta, berfoto bersama serta saling mencipratkan air antara sesama perahu menjadi pemandangan di pos pemberhentian sementara. ada juga beberapa peserta sengaja menceburkan dirinya ke sungai untuk berenang.

Di garis finish, peserta disuguhi kelapa muda, kemudian dilanjutkan perjalanan sampai pos terakhir. Rombongan kembali menuju base camp dengan naik mobil bak terbuka. Sebagian dari mereka ada yang baru pertama kali merasakan rafting. Usai rafting semua peserta mengaku sangat menikmati acara yang sangat menyenangkan ini, dan ingin mencoba lagi, rafting tidak setakut yang dibayangkan sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>