Pimpinan DPD DPC dan DPRa PKS SeJaksel Mengikuti “Leadership Mastery” Program

Spread the love

Bertempat di Hotel Bumi Cikeas Sentul Bogor, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jakarta Selatan menyelenggarakan Pembekalan Kepemimpinan “Leadership Mastery” Program Pelatihan Kepemimpinan  (Tingkat Pertama) bagi para pengurus PKS di tingkat kelurahan (DPRa), kecamatan (DPC)  hingga kotamadya (DPD). Acara ini berlangsung pada Ahad pagi hingga sore (28/10), 180–an peserta hadir mengikuti pelatihan tersebut. Peserta berangkat dengan menggunakan empat bis besar.

Menurut Ketua Panitia, yang juga merupakan Ketua Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Lembaga Profesi (BPSDM – LP) Bang Arya bahwa, “Tujuan diadakannya pembekalan kepemimpinan ini adalah untuk membekali dengan pengetahuan/wawasan tentang prinsip prinsip dan visi organisasi dalam konteks permasalahan terkini. Kedua untuk memperkokoh wawasan serta skill dasar untuk mengelola segala sumber daya dan potensi di Jakarta selatan, apakah itu dalam bentuk potensi kader, simpatisan dan potensi-potensi lain, untuk menghadapi tantangan terkini. Ketiga memperkuat wawasan tentang teamwork dan keempat memberikan inspirasi pada para pengurus tentang success story membangun ketokohan di tengah-tengah masyarakat dan bagaimana melakukan advokasi bagi masyarakat Jakarta Selatan.

Acara Leadership Mastery pertama, ini dibuka oleh Ketua Kaderisasi PKS Jaksel, Ustadz Adam Afdholi. Pada pembekalan ini, agenda acara dibagi menjadi empat sesi, yaitu: sesi kajian buku ‘Politik Tegak Lurus PKS’, sesi manajemen sumber daya, sesi teamwork outbond serta sesi talkshow membangun ketokohan dan memperkokoh advokasi masyarakat. Penyaji materipun dipilih orang – orang yang berkompeten di bidangnya, ada Agus Poernomo (Gus Poer), Bang Prima, Ustadz Achmad Yani dan juga Bang Sahal.

Program ini sangat penting dan akan memiliki pengaruh besar bagi seorang pengurus DPRa, DPC maupun DPD dalam upaya memperdalam ilmu kepemimpinan serta meningkatkan kualitasnya dalam memecahkan masalah yang dialami suatu organisasi.

Dengan pengembangan ini, pengurus DPD, DPC dan DPRa diharapkan lebih siap untuk mengetahui resource, mengetahui hambatan, tantangan dan peluang dalam memimpin suatu organisasi yang lebih berat dan kompleks dari sebelumnya. Ketika para pengurus berhasil mengembangkan potensi dari dalam dirinya dan lingkungannya, maka keuntungannya bukan hanya dirasakan dirinya pribadi, tetapi bangsa, umat dan partai juga akan merasakan perubahan ke arah yang lebih positif berkat peningkatan kualitas kepemimpinan yang mereka jalani. Kinerja partai menjadi lebih maksimal dan terarah dengan baik berkat dukungan dan kesiapan para pengurus DPD, DPC dan DPRa dalam memimpin.

Pelatihan dan pengembangan adalah sesuatu yang sangat diharapkan dapat menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari pola pikir setiap para pengurus DPD, DPC maupun DPRa. Tekanan kompetitif yang ada saat ini menuntut organisasi untuk mengupgrade para pengurusnya untuk lebih memiliki pengetahuan, ide cemerlang, keterampilan serta kemampuan yang dapat memberikan hasil maksimal. Semua level pengurus harus beradaptasi dengan perubahan yang terjadi, untuk itulah mereka harus dilatih secara berkesinambungan agar dapat memelihara dan memperbaruhi kapasitas dan kapabilitas masing-masing. Seorang leader atau seorang pemimpin adalah seseorang yang mampu menganalisa setiap peristiwa dengan cepat, mampu melihatnya dari berbagai sisi, mampu melihat kemampuan timnya dan cara mengembangkannya dengan tepat serta harus bisa memotivasi timnya untuk bekerja dengan efektif dan efisien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *