Persiapkan Ramadhan, PKS Pancoran Semangati Kadernya Untuk Berzakat Infaq dan Shadaqah

Spread the love

infaq-shadaqah

Dalam rangka meningkatkan semangat berinfak dan sedekah dari para kader, PKS Pancoran menggelar tarhib Ramadhan dengan tema “Kewajiban Terhadap Harta” bagi seorang muslim.

Tidak lama lagi, kita akan memasuki bulan suci Ramadhan 1437 H, bulan yang penuh dengan keberkahan dan kemuliaan. Ada banyak keutamaan yang Allah telah sediakan kepada kaum muslimin dan muslimat yang memiliki komitmen dan kesungguhan dalam memanfaatkan Ramadhan. Salah satunya adalah pelipatgandaan pahala pada setiap kebaikan yang dilakukan.

Diantara kebiasaan atau amal ibadah yang dilakukan Rasulullah SAW yang frekuensinya semakin meningkat pada bulan Ramadhan adalah zakat, infak dan shadaqah. Dalam suatu hadits riwayat Bukhari Muslim digambarkan bahwa Rasulullah adalah orang yang paling dermawan dan kedermanannya mengalami peningkatan pada bulan Ramadhan. Semangat berbaginyaterus meningkat di bulan suci ini, sebagai media untuk mengundang keberkahan dari Allah SWT. Demikian pula dengan para sahabat, para tabiin dan tabiit tabiin serta orang-orang saleh terdahulu yang sangat bergairah dalam menyambut Ramadhan dan mengisinya dengan beragam aktivitas ibadah termasuk zakat, infaq maupun shadaqah.

Inilah yang disampaikan Ustadz Abdulah Khaidir di hadapan kader PKS Pancoran pada ahad(15/5). Beliau memotivasi kader – kader untuk meningkatkan frekuensi dan kualitas ibadah zakat, infak dan shadaqahnya. “Bulan Ramadhan adalah momentum penguatan semangat untuk berzakat, berinfak dan bershadaqah,” ujaranya.

Tidak ada ketakwaan tanpa semangat pengorbanan dan berbagi. Iman dan kedermawanan adalah dua sisi pada mata uang yang sama, harus bisa berjalan beriringan. Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW menyatakan bahwa “as sakhiyyu” (kedermawanan dan kepemurahan) akan mendekatkan seseorang pada Allah, manusia, dan surga, serta menjauhkan dari neraka. Sebaliknya, perilaku bakhil dan kikir, akan menjauhkan seseorang dari Allah, dari manusia dan dari surga, serta mendekatkan pada neraka.

Zakat, infak dan shadaqah juga merupakan media yang akan memperkuat hubungan kemanusiaan. Akan tumbuh rasa cinta dan kepedulian sosial yang kuat. Penguatan solidaritas sosial ini merupakan alat yang efektif untuk mengurangi tingkat kejahatan dan kriminalitas.

Terakhir, juga ditegaskan lagi bahwa zakat, infak dan shadaqah adalah instrumen yang memiliki dimensi ekonomi yang kuat, apalagi jika didesain melalui program penyaluran yang bersifat produktif dan memberdayakan. Ini akan memberikan efek terhadap pengiatan daya tahan ekonomi rakyat.

Untuk itu, keberadaan program “Kewajiban Terhadap Harta” menjadi sangat krusial dalam konteks penguatan ekonomi kerakyatan. Zakat, infaq dan shadaqah bisa dijadikan sebagai salah satu alat untuk memerangi kemiskinan. Melalui ramadhan, diharapkan menguatnya semangat kewajiban berzakat, infaq dan shadaqah bagi para kader PKS, khususnya kader PKS Pancoran akan berdampak kepada ekonomi ummat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *