Memperingati 1439 H, Warga Tanjung Barat Pilih Pawai Obor Bukan Petasan ataupun Kembang Api

Spread the love

photo6206230040983742450Ratusan warga Tanjung Barat, Jagakarsa Jakarta Selatan mengenakan baju muslim putih berjalan kaki keliling wilayahnya, sambil memegang obor dari bambu. Kalimat pujian kepada Allah serta Sholawat Nabi terus dikumandangkan. Beginilah suasana peringatan tahun baru Islam 1439 H yang digelar warga dan kader PKS Tanjung Barat.

Menurut Ketua PKS Tanjung Barat, Bang Taufik, “Kami ingin melestarikan tradisi baik yang sudah lama digelar dan turun temurun yakni pawai obor sambut 1 Muharram 1439 Hijriyah. Kedua kami ingin menularkan semangat kebersamaan pada umat, ketiga tentu motif kedamaian yang juga ingin kami sebarkan kepada seluruh alam.“

Bang Taufik juga menjelasakan bahwa keramaian dan kegembiraan menyambut Tahun Baru Islam, kami sampaikan dengan kedamaian bukan dengan hura – hura dan pemborosan. Sehingga opsi pawai obor menjadi pilihan dibanding petasan dan kembang api. Obor yang menjadi perangkat utama dalam pawai ini. Api obor bermakna cahaya yang akan menerangi setiap muslim yang akan melangkah ke tahun berikutnya. Sedangkan pawai merupakan simbol eratnya kekeluargaan, silaturahmi, serta ukhuwah.

Bang Taufik berpesan, “Semoga tahun baru 1439 Hijriyah ini, ukhuwah umat semakin eart dan kokoh untuk membawa Islam mencapai kejayaan dan menebarkan kebaikan dan kedamaian Islam ke berbagai penjuru bumi.” Sejarah kaum Muhajirin-Anshar sudah membuktikan bahwa ukhuwah Islamiyah dapat membawa umat Islam ke arah yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *