Latansa Kader Perempuan, PKS Hadirkan Semangat Pemberdayaan Kartini

Spread the love

Ketua Bidang Perempuan dan Ketahan Keluaraga (BPKK) PKS Jaksel, Ibu Asmara Dewi S.Sos mengatakan acara Pelatihan Perempuan Siaga (Latansa) memberi jejak lebih terang pada proses pemberdayaan perempuan di Indonesia, seperti halnya yang Kartini cita-citakan. Untuk agenda latansa 8 April 2018 di Cibubur ini, PKS Jaksel memberangkatkan sekitar 800-an kader perempuan.

“Latansa maupun peringatan Hari Kartini yang terjadi pada bulan yang sama, semestinya semakin menguatkan proses pemberdayaan perempuan Indonesia. Harus bisa memunculkan perempuan-perempuan Indonesia yang sehat, cerdas, bertakwa, berbudi luhur dan aktif memberikan peran terbaik mereka bagi kemajuan bangsa,” ujar Ketua BPKK PKS Jaksel yang juga merupakan warga Betawi Cilandak.

Dalam kondisi budaya yang serba terkoneksi dan instan ini, kader perempuan PKS harus bisa memvisualisasikan mimpi dan ide besarnya bagi peningkatan hidup kaum perempuan. Mewujudkan ide – ide besar, akan lebih optimal jika diwujudkan secara bersama – sama, berjamaah, solid dan kompak. Latansa merupakan salah satu sarana untuk membangun kesolidan dan kebersamaan itu.

Ukhuwah akan diuji, rasa lelah, capek, lapar dan dahaga kadang bisa menjadi faktor yang memudarkan ukhuwah, sehingga yang terlihat masing-masing mementingkan dirinya sendiri. Latansa berusaha meminimalisir efek – efek tersebut.

Latansa juga melatih para kader perempuan dalam merespon cepat seruan kebaikan. Bunyi peluit panjang tiga kali menggema, tanda semua peserta berkumpul. Apapun kondisi yang sedang kita alami, kita coba tinggalkan urusan pribadi ataupun kelompok, semua berhamburan ke sumber suara.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *