Home » Kegiatan PKS » Kesra PKS Jaksel Rangkul Komunitas Totok Punggung
Kesra PKS Jaksel Rangkul Komunitas Totok Punggung

Kesra PKS Jaksel Rangkul Komunitas Totok Punggung

Bidang Kesra PKS Jaksel memfasilitasi pelatihan totok punggung, pesertanya berasal dari anggota komunitas totok punggung. Pelatihan ini berlangsung sehari dan bertempat di lantai empat kantor DPD PKS Jaksel.

Salah satunya pematerinya adalah dokter Ririn, beliau menyampaikan makalah bertajuk totok punggung dari tinjauan medis. Beliau mengatakan, “Di sekitar tulang punggung melintas tiga saluran utama di dalam tubuh kita. Saluran itu; pembuluh darah vena, arteri dan syaraf. Ketiganya memiliki peran penting untuk mengirim nutrisi dan oksigen ke organ-organ tubuh. Jika saluran oksigen dan nutrisi lancar ke organ maka manusia akan sehat, namun sebaliknya apabila salurannya mampet karena pengaruh kolesterol, gula, kadar lemak (Obesitas), hipertensi, anemia dan karakteristik pembuluh darah, maka akan terjadi sumbatan yang menyebabkan organ di tubuh kita akan sakit.” Karena di punggung tempat saluran utama dari pembuluh dan syaraf, maka Totok Punggung dapat membantu melancarkan mengalirnya oksigen, darah dan nutrisi.

Terapi totok punggung adalah suatu metode pengobatan yang di lakukan dengan cara memberikan stimulan berupa penotokan pada titik-titik/simpul syaraf tertentu yang terpusat di area punggung, yang mana titik/simpul tersebut itu terkoneksi langsung dengan keluhan penyakit atau organ yang sedang mengalami gangguan.

Sementara itu, ada workshop hands on langsung dari praktisi totok punggung, Ustadz Abdurahman. Beliau menyampaikan harapannya bahwa di dalam keluarga baiknya ada satu orang minimal yang mampu melakukan totok punggung, sehingga agar apabila ada anggota keluarga yang sakit tidak langsung buru-buru dibawa ke rumah sakit. Ustadz Abrurahman sudah 4 tahun menggeluti terapi totok punggung. Ustadz Abdurahman mengajari bagaimana mendeteksi sumbatan di punggung serta treatmentnya.

Sebanyak 60-an peserta atau calon terapis baru ikut dalam pelatihan totok punggung ini. Acara ini berlangsung sukses dan rencananya akan diadakan lagi acara yang yang sama atau lanjutannya. “PKS akan terus bergerak bersama masyarakat apapun kondisi situasinya, dengan harapan kebaikan menjadi sesuatu yang besar dan dapat dirasakan banyak orang,” ujar Ibu Erniwati, ketua Bidang Kesra DPD PKS Jaksel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*