Kepanduan PKS Kebayoran Baru Melakukan Ekspedisi ke Gunung Papandayan Garut

Spread the love

kepanduan kebayoran baru papandayan

Pernahkah anda membayangkan liburan akhir tahun berada di puncak sebuah pergunungan dengan segala keindahan dan kemerduannya? Mendaki gunung kini menjadi tren anak muda jaman sekarang. Banyak orang ramai-ramai mengisi liburannya di puncak-puncak gunung. Hanya untuk sekedar melihat matahari terbit untuk pertama kalinya bersama lautan awan dari puncak-puncak tertinggi dan mengibarkan bendera diatas puncak gunung.

Inilah yang dilakukan oleh 9 anggota kepanduan PKS Kebayoran Baru. Kepanduan PKS Kebayoran Baru melakukan kegiatan ekspedisi pendakian Gunung Papandayan Garut yang dilaksanakan pada Kamis (24/12) hingga Sabtu (26/12).

Tidak hanya tim kepanduan saja, kegiatan ekspedisi pendakian ini juga diikuti oleh beberapa remaja Kebayoran Baru. Ekspedisi kali ini dimaksudkan untuk mendalami makna Indonesia, juga membawa pesan nilai dan moral untuk menginspirasi pemuda Indonesia umumnya, khususnya remaja Kebayoran Baru. Persiapan menuju ekpedisi ini memakan waktu hingga 2 minggu lamanya.

“Untuk menggapai sesuatu, butuh perjuangan”, begitulah kata korca kepanduan PKS Kebayoran Baru, Muhammad yang juga ketua ekspedisi ini. Ia juga mengatakan bahwa kunci dari keberhasilan sebuah ekspedisi adalah dari persiapan yang matang.

Gunung Papandayan dengan ketinggian 2665 m dpl, berada di kabupaten Garut. Gunung bertipe Stratovolcano ini saat sebelum meletus pada tahun 2002 mempunyai empat buah kompleks kawah besar tetapi setelah meletus kawah ini menjadi sebuah areal kawah yang cukup besar, dan kawah ini terlihat jelas dari kejauhan.

Mekipun untuk mencapai kawasan kawah gunung ini bisa didatangin dengan kendaraan, bagi para pendaki gunung tantangan di Gunung Papandayan masih ada, yaitu jalur trekking dari alun-alun Pondok Salada hingga kepuncak gunung dan kemudian turun melipiri punggungan puncak gunung ini dan jalan setapak dari jalur ini berakhir di belakang daerah parkiran kendaraan. Jalur trekking ini memakan waktu kurang lebih 6 jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *