Home » Kegiatan PKS » Kenalkan PKS Kepada Emak – Emak Lewat Pelatihan Membuat Sabun Jelantah
Kenalkan PKS Kepada Emak – Emak Lewat Pelatihan Membuat Sabun Jelantah

Kenalkan PKS Kepada Emak – Emak Lewat Pelatihan Membuat Sabun Jelantah

Sabtu (6/10), Pos Wanita Keadilan (Pos WK) DPC PKS Pancoran kembali membuat workshop yang bermanfaat buat Ibu – Ibu rumah tangga. Salah satu tujuan diadakanya workshop ini adalah untuk mewujudkan kemandirian para ibu – ibu atau emak – emak.

Kegiatan ini dibuka dengan pengenalan dasar-dasar teori pembuatan sabun yang disampaikan dengan sangat menarik. Acara yang bertempat di rumah salah satu kader PKS Pancoran, Ibu Sabita. Sambil mencampur bahan – bahan, instruktur juga menjelaskan bahwa sabun telah dikenal dalam dunia Islam sejak masa Nabi Ibrahim. Bahkan sabun menjadi hal yang mencengangkan masyarakat Barat kala Islam berkembang pesat di Cordoba Spanyol.

Kalau ibu – Ibu mau belajar dan bisa membuat sabun sendiri, maka mereka bisa memenuhi kebutuhan sabun selama sebulan untuk keluarganya, lumayan bisa hemat uang belanja. Terlihat seluruh peserta sangat antuasias mengikuti pelatihan.

Minyak jelantah merupakan minyak goreng bekas penggorengan yang sudah berwarna kecoklatan. Minyak jelantah ini ternyata dapat diolah kembali menjadi sabun cuci. Minyak hasil penggorengan yang sudah tidak layak digunakan ini ternyata bisa menjadi bahan yang berharga.

Pelatihan rumahan membuat sabun cuci dari minyak jelantah ini merupakan bentuk khidmat atau pengabdian kepada masyarakat dari PKS, seperti terlihat dari taglinenya ‘Berkhidmat untuk Rakyat’.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*