Home » Taujih » Kemacetan Mampang Kuningan Pancoran Menambah Ujian Kesabaran Puasa Warga Jakarta

Kemacetan Mampang Kuningan Pancoran Menambah Ujian Kesabaran Puasa Warga Jakarta

al mansur hidayatullah dpd jakselMemasuki bulan Ramadhan, Jaksel menerima banyak pembangunan flyover maupun underpass. Salah satu kawasan termacet saat ini adalah Mampang, karena ada pembangunan underpass Mampang. Sementara di persimpangan Pancoran padat kendaraan juga karena ada pembangunan flyover dari arah MT Haryono (Cawang) ke Gatot Subroto. Jadi memang kesabaran orang – orang yang berpuasa saat melintasi wilayah Jaksel harus persiapkan ekstra kesabarannya. Apalagi dalam kondisi berpuasa, ini potensi untuk menghilangkan pahala puasa.

Sebagian besar warga Jakarta ingin masalah kemacetan menjadi program prioritas utama pemerintah. Sebanyak 62,5 persen warga Jakarta kecewa terhadap kinerja penanganan kemacetan dan 15,2 persen sangat kecewa. Selama bulan Ramadhan, 56 persen dari responden mengakui bahwa bergumul dengan kemacetan jalan selagi bergegas menuju pulang untuk berbuka puasa adalah tantangan terbesar selagi harus tetap menjaga ketenangan hati dan tidak meledak dalam kemarahan. Sejurus dengan survei yang dilakukan Tim Riset Kaltim Post, menahan emosi memang jadi godaan terberat yang dihadapi saat ibadah puasa. Setengah lebih responden yang diwawancarai, atau 51,9 persen, mengaku menahan amarah adalah godaan terberat selama puasa. Stres saat macet di jalan dengan polusi dan riuhnya suara klakson, jadi alasan amarah meluap bagi 30 persen responden.

Secara langsung, puasa mengajarkan dan melatih kesabaran. Bersabar untuk menahan lapar dan dahaga dari waktu fajar hingga terbenamnya matahari; sabar menahan diri dari segala bentuk perbuatan yang membatalkan pahala puasa; sabar dalam menjaga lisan dan menahan diri dari perbuatan yang sia-sia. Dengan demikian, puasa secara garis besar melatih seorang Muslim untuk bersabar dalam segala hal. Hal ini sesuai sabda Rasulullah SAW,”Puasa itu separuh sabar” (HR. Ibnu Majah). Ada pahala yang sangat besar dari Allah SWT untuk orang-orang yang bersabar. Sebagaimana yang termaktub dalam surat Az-Zumar ayat 10 yang artinya,“Katakanlah: Hai hamba-hamba-Ku yang beriman. Bertakwalah kepada Tuhanmu. Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini memperoleh kebaikan. Dan bumi Allah itu adalah luas. Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.”

Rasulullah SAW bersabda, Setiap amalan anak adam adalah miliknya, kecuali puasa. Sesungguhnya puasa ini adalah milik-ku dan aku yang akan membalasnya (Hr Bukhari dan Muslim). Ibnu rajab Al-Hanbali berkata, “Semua amal dilipatgandakan sepuluh kali lipat sampai tujuh ratus kali lipat, kecuali puasa. Allah tidak hanya melipatgandakan pahala puasa sebatas sepuluh sampai tujuh ratus kali lipat saja, tetapi akan melipatgandaknya tanpa batas.

Kini kita berada di bulan Ramadhan yang disebut juga dengan syahrus shabr, bulan kesabaran. Dikatakan demikian karena pada bulan ini umat Islam dilatih untuk bersabar melalui ibadah puasa. Menahan lapar adalah latihan sabar. Menahan dahaga adalah latihan sabar. Menahan agar tidak marah adalah latihan sabar. Menahan untuk tidak mengumpat adalah latihan sabar. Ibnu Rajab Al-Hanbali Berkata, “ sabar ada tiga macam: sabar dalam melaksanakan ketaatan kepada Allah SWT, sabar dalam meninggalkan hal-hal yang diharamkan oleh Allah SWT, dan sabar terhadap takdir Allah SWT yang memberatkan.

Dalam Al-Qur’an terdapat lebih dari 100 ayat tentang sabar. Hal ini membuktikan bahwa dalam agama Islam perkara sabar adalah hal yang penting. Jika manusia dapat melewati ujian Allah SWT, maka Allah akan mengangkat derajatnya sebagai umat yang beriman. Salah satu hal yang dapat menunjukkan tingkat keberhasilan seorang manusia dalam menghadapi cobaan Allah adalah dengan seberapa sabar ia menjalani cobaan tersebut, maka dari itu, untuk mendapatkan hasil yang terbaik, maka sabar memang tidak pernah ada batasnya. Ramadhan adalah charger kesabaran kita untuk setahun ke depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>