Home » Taujih » Kekuatan Hubungan Dengan Allah SWT, Prasyarat Awal Sebuah Kesolidan

Kekuatan Hubungan Dengan Allah SWT, Prasyarat Awal Sebuah Kesolidan

Ust sahal

Ustadz Sahal

Ada dua syarat yang disebutkan oleh Allah dalam Al Qur’an dalam hal mewujudkan kesolidan, yang pertama adalah berpegang teguh dengan tali allah, yang kedua adalah hindari berpecah belah.

“Dan berpegang teguhlah kamu sekalian dengan tali Allah dan janganlah kamu sekalian berpecah belah, …” (QS. Ali Imran: 103)

Dalam ayat lain, Allah SWT juga berfirman agar kita mentaati Allah dan juga melarang berselisih dan bertikai.

“Dan Taatilah Allah dan RasulNya, dan janganlah kalian berselisih dan bertikai, sehingga menyebabkan kalian menjadi gentar dan hilangnya kekuatan kalian” [QS. Al-Anfal: 46].

Kunci pertamanya adalah berpegang teguh dengan tali Allah, ataupun mentaati Allah. Dengan kata lain faktor keimaman atau habluminallah harus dikuatkan dulu. Ukhuwah, persatuan dan juga kesolidan adalah wujud salah satu pertolongan Allah SWT.

Pertolongan dari Allah sangat dekat, pasti dan terjadi ketika hubungan kita dengan Allah semakin kuat. Sehingga ketsiqahan kepada Allah telah menjadi sebuah keyaqinan yang kuat dalam diri seorang mukmin. Pertolongan dari Allah sangat dekat, pasti datang dan menjadi kenyataan bila orang-orang beriman memenuhi janjinya kepada Allah.

Untuk mewujudkan kesolidan, persatuan, maka perbaiki dahulu keuatan hubungan dengan Allah, baru kemudian melangkah ke ikhtiar – ikhtiar selanjutnya. Tanpa memperbaiki hubungan dengan Allah maka ikhtiar – ikhtiar menuju kesolidan dan persatuan akan semu belaka.

*) disampaikan oleh Ustadz Sahal dalam acara konsolidasi pengurus PKS Jaksel di camp selaras Cikidang Sukabumi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>