Home » Nasional » HNW Bersama Warga Bintaro Menanam Pohon Bintaro

HNW Bersama Warga Bintaro Menanam Pohon Bintaro

Reses-HNW_4Nov2017_Daru-5-768x512Wakil Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid melakukan penanaman jenis pohon Bintaro di kelurahan Bintaro dalam kunjungan reses anggota legislatif DPR RI daerah pemilihan Jakarta Selatan, ahad (5/11).

Cuaca di daerah Bintaro kecamatan Pesanggrahan sangat cerah saat Dr. Hidayat Nur Wahid dan warga bersama menanam pohon. Penyiraman pun dilakukan setelah pohon ditanam.

Pohon Bintaro yang ditanam adalah pohon bernama latin Cerbera Manghas, mungkin dari nama pohon inilah mengilhami nama kelurahan Bintaro di Jakarta Selatan berasal. Pohon ini banyak dijumpai di Jakarta sebagai pohon penghijauan di berbagai tempat di Jakarta. Pada tahun 2009 pohon ini pernah membuat geger, pasalnya buah, daun, dan getah pohon ini mengandung cerberin yang beracun. Pohon Bintaro sering disebut juga sebagai Mangga Laut, Buta Badak, Babuto, dan Kayu Gurita, dalam bahasa Inggris tanaman ini dikenal sebagai Sea Mango.

Walaupun beracun dan berbahaya, pohon Bintaro sebenarnya dapat diolah dan dimanfaatkan untuk kepentingan manusia, misalnya sebagai pengusir tikus, bahan baku lilin, bio-insektisida, obat luka, deodorant, dan berpotensi sebagai biodiesel. Terakhir, menurut hasil penelitian Faperta IPB, buah Bintaro bahkan bisa juga dijadikan sebagai bahan bakar alternatif. Malahan, bila dibandingkan dengan biji Jarak, biji Bintaro memiliki kadar minyak yang jauh lebih tinggi.

setelah acara penanaman dan penyiraman pohon Bintaro, kemudian dilanjutkan dengan perbincangan dengan para warga masyarakat. Sejumlah pejabat keluarahn kecamatan dan tokoh masyarakat dan agama ikut hadir dalam reses tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>