Home » Kegiatan PKS » Hidayatullah : Pemprov DKI Harus Lakukan Kerjasama Penghijauan Hutan di Kawasan Bogor

Hidayatullah : Pemprov DKI Harus Lakukan Kerjasama Penghijauan Hutan di Kawasan Bogor

hidayatullan-kabidLingkunganDialog Hari Hutan Indonesia 13 Mei, bersama Ketua Bidang Ekonomi, Keuangan, Industri, Teknologi dan Lingkungan Hidup DPD PKS Jaksel, Hidayatullah (Bang Dayat).

Banjir yang melanda Jakarta selalu membuat sebagian aktivitas di Ibu Kota lumpuh total. Menurut Ketua Bidang Lingkungan Hidup DPD PKS Jaksel, Hidayatullah hal ini disebabkan rusaknya hutan-hutan di kawasan hulu seperti Bogor sehingga tidak bisa menahan air. Akibatnya, seluruh air dari Bogor mengalir semua ke Jakarta.

“Banjir Jakarta salah satunya disebabkan karena kiriman dari hulu (Bogor), hutan-hutan sebagain sudah berkurang menjadi kawasan vila elit, dan ini wajib diperbaiki,” jelas Hidayatullah.

Oleh karena itu, Hidayatullah menjelaskan, pemprov DKI Jakarta harus fokus terhadap perbaikan hutan di Bogor, bisa dialokasikan anggaran khusus untuk memperbaiki satu hutan di kawasan hulu. “Jangan setengah-setengah, segera fokus perbaiki hutan di kawasan Bogor. Jangan lagi hanya mementingkan unsur ekonominya tanpa memikirkan dampak kerusakan lingkungan yang terjadi. Kalau fungsi hutan bisa dikembalikan, maka fungsi lingkungan dapat terjaga dengan baik,” tandasnya.

Pemerintah provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta wajib bekerjasama dengan pemerintah provinsi Jawa Barat, khususnya kabupaten Bogor untuk menertibkan vila-vila ilegal di wilayah Puncak, serta menyediakan anggaran untuk reboisasi disana.

Ada ribuan hektar lahan di Bogor yang sudah gundul, sebagian ada yang jadi vila, ada yang jadi perkebunan, dan lain sebagainya. Karena gundul maka Bogor sudah tidak dapat menahan air lagi untuk Jakarta. Debit air yang masuk ke sungai sudah tidak terkontrol sehingga air larinya ke Jakarta semua. “Jadi yang ribuan hektar hutan gundul itu wajib dihutankan kembali, bukan hanya dihijaukan tetapi dihutankan, maka air-air hujan akan bisa di tahan dulu di hutan Bogor. Jika debit air yang keluar ke sungai terkontrol, insyaAllah Jakarta tidak banjir,” kata Hidayatullah.

“Program reboisasi itu sangat penting, dalam Islam menanam pohon itu sangat dianjurkan, sabda Nabi SAW seandainya kiamat sudah ada didepan mata, dan kita masih memegang biji pohon, maka tanamlah biji tersebut,” pungkas Hidayatullah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>