Home » Nasional » Hidayat Nur Wahid Ajak Anak Bangsa untuk Budayakan Silaturahmi

Hidayat Nur Wahid Ajak Anak Bangsa untuk Budayakan Silaturahmi

Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Hidayat Nur Wahid mengajak seluruh pihak mengedepankan silaturahim dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari masyarakat luas, pejabat negara, TNI, Polri, dan semuanya tanpa terkecuali.

Hal ini untuk menjaga persaudaraan sesama anak bangsa, sehingga tidak mudah diadu domba oleh pihak-pihak tidak bertanggungjawab.¬†“Silaturahim sangat penting, guna mencegah perpecahan di antara sesama anak bangsa,” ujar Hidayat, saat Kuliah Subuh dan Subuh Berjamaah di Masjid Agung Darussalam, dalam rangkaian Sosialisasi Empat Pilar MPR di Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (22/9).

Hidayat mengatakan, kedamaian dapat tercipta apabila seluruh pihak saling menjaga. Tidak menyakiti, menghina dan merendahkan orang lain.

“Kemudian juga harus saling membantu. Utamanya bagi yang mampu harus membantu ekonomi kepada yang tidak mampu,” kata dia. Dalam kegiatan yang dihadiri ratusan warga Cilacap itu, pria yang akrab disapa HNW ini mengatakan bahwa nama Masjid Agung Cilacap, tempat digelarnya acara sesungguhnya memiliki arti yang sangat bagus, yakni damai.

Karenanya, dia berharap semua jamaah masjid atau bahkan umat Islam yang pernah salat disitu bisa membawa kedamaian pula. “Masjid Darussalam namanya bagus. Darussalam artinya damai. Semoga dari nama masjid ini membuat para jamaah masjid ini membawa kedamaian di Cilacap khususnya, dan Indonesia umumnya,” ujarnya.

Lebih lanjut kata dia, salah satu cara yang paling ampuh dalam membawa kedamaian adalah memanusiakan manusia dengan tidak memandang suku, agama, dan ras. Nah, untuk memanusiakan manusia, HNW menghimbau semua pihak untuk tetap mempererat tali silaturahim.

“Silaturahim antar umat Islam, silaturahim antar umat manusia, silaturahim antar Ormas, dan lain-lain,” tukasnya. Hadir juga dalam kuliah subuh itu Wakil Bupati Cilacap Ahmad Edi Susanto, Ketua Forum Umat Islam (FUI) Cilacap Syamsuddin dan pimpinan ormas Islam lainnya.

Sebelum HNW memberikan ceramah, Wakil Bupati Ahmad Edi berharap apa yang disampaikan oleh politisi PKS itu dapat membawa kedamaian bagi Cilacap khususnya dan Indonesia pada umumnya.

“Mudah-mudahan Pak KH Hidayat Nurwahid yang merupakan ulama dan Wakil Ketua MPR RI memberikan suatu pencerahan bagi Umat Islam Cilacap. Cilacap ini ada berbagai macam jenis manusia di dunia, terutama di Nusa Kambangan. Cilacap juga tempatnya Raja Setan, yaitu Nyi Roro Kidul. Jadi Cilacap ini angker. Tapi mudah-mudahan dengan adanya KH Hidayat Nurwahid memberikan tausiyah, Cilacap menjadi adem. Mudah-mudahan juga kalau Cilacap adem, Indonesia juga ikut adem,” tandasnya.

 

Sumber : IndoPos/22 September 2017/Purwoko & Sicilia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>