Home » Taujih » Hari Anak Nasional

Hari Anak Nasional

hafal al qur'anOleh : Ummu Rochimah*

Setiap orang tua berharap dapat memberikan masa depan yang lebih baik kepada anak-anaknya.Tidak ada satupun orang tua yang menginginkan masa depan yang buruk bagi anaknya. Segala upaya dilakukan untuk menuju cita-cita tersebut.

Teori-teori mengenai pendidikan anak, pelatihan-pelatihan dan seminar parenting dilahap habis, setelah itu apa?

Menerapkan semua teori dan cara pengasuhan anak yang telah diperoleh kepada anak-anak dengan satu pemikiran bahwa itu yang terbaik untuk anak-anak. Namun terkadang orang tua lupa dengan jiwa dan pola pikir anak.  Menganggap bahwa anak-anak itu harus selalu diarahkan karena mereka belum memiliki pola pikir yang baik.

Betul! Mengarahkan pola pikir dan cara bertindak anak-anak adalah tanggung jawab orang tua dan harus dimulai sejak anak usia dini. Tetapi, apakah kemudian sebagai orang tua, kita sudah memberi kesempatan kepada anak-anak untuk menyampaikan pemikiran anak-anak yang murni sebagai hasil olah pikirnya? Suatu pola pikir yang tanpa ditunggangi oleh pemikiran orang tua.

Terkadang orang tua perlu untuk memberi kesempatan ini, dengarkan saja apa yang mereka pikirkan tentang sesuatu dan jangan mencela atau meremehkan pemikirannya. Sekalipun bagi kita -orang tua- pemikiran itu berada di luar harapan kita.

Izinkan anak-anak itu untuk berkreasi dalam berpikir, orang tua cukup mendengarkan, bila itu sesuatu yang baik, dorong dan dukunglah mereka. Dan bila itu sesuatu yang buruk, maka tugas kita mengoreksi dan meluruskannya. Selebihnya biarkan mereka menemukan jati dirinya sendiri.

“Didiklah anakmu sesuai zamannya, karena mereka hidup bukan di zamanmu” (Ali bin Abi Thalib)

Setiabudi, 23 Juli 2017
#selamat_Hari_Anak_Nasional

*) Ummu Rochimah = Konselor Keluarga Jakarta Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>