Dari Cek Tensi Sampai USG Ada di Yankes Relawan Anies Sandi Mampang

Spread the love

USG baksos yankes anies sandiSelasa pagi (28/3), sejak pukul 9 pagi suasana di rumah salah satu kader PKS Mampang Prapatan Jaksel sudah tampak ramai. Di setiap jalan dan gang tampak spanduk – spanduk baksos relawan anies sandi Mampang Prapatan. Bukan… ini bukan kampanye dimana Pak anies atau Bang sandi akan datang ke tempat itu. Acara baksos tersebut merupakan acara khusus yang memanjakan warga untuk berkonsutasi dan pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan kesehatan terdiri dari cek gulan darah, tensi, asam urat, kolesterol, sampai pemeriksaan kehamilan dengan USG potable juga ada.

Tak kurang puluhan warga hadir memadati acara yankes relawan anies sandi ini, tidak sedikit pula di antara mereka terdapat ibu – ibu hamil. Setelah mendaftar ulang dan dicatat identitasnya, para ibu hamil tersebut diukur tekanan darahnya. Pengukuran tekanan darah ini penting, mengingat salah satu penyebab kematian ibu hamil dan bersalin di Indonesia adalah hipertensi dalam kehamilan. Sambil menunggu giliran diperiksa USG, diberikan penyuluhan tentang mengenali tanda-tanda persalinan, serta anjuran agar mereka bersalin dengan bantuan tenaga kesehatan (bidan). Usai di-usg, mereka diberikan selembar foto hasil pemeriksaan USG.

“Dengan adanya kegiatan periksa USG ini, kami para ibu hamil merasa sangat terbantu”, demikian pendapat para ibu – ibu hamil yang hadir di yankes anies sandi mampang Prapatan.

Relawan anies – sandi yang dimotori oleh kader- kader PKS memang sedang getol melakukan safari baksos atau yankes dari RT ke RT dari RW ke RW. Baksos ini dilakukan baik dalam sekala besar maupun sekala rumahan. Masyarakat sangat terbatu dan senang akan kegiatan rutin seperti ini.

Tiba – tiba di tengah hiruk pikuknya baksos, ada ibu hamil yang berkata, “Kalau ini bayi lahir laki – laki, kami coba kasih nama anies atau sandi deh.” Hal ini membuat tawa banyak hadirin yang mendengarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *