Bapilu PKS Jaksel : Pelatihan Saksi Pemilu Akan Kami Mulai Dari Sekarang

Spread the love

“Tahapan pemilu dan pilpres yang masih lama tidak kemudian kita abai atau menunda – menunda waktu pelatihan saksi, hanya kalau mendekati hari H pemilu,” ujar Bang Agung, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) PKS Jaksel di sekretariat PKS Jaksel pada Rembug Rabu (4/4).

“Kita harus mulai mengadakan pelatihan bimtek saksi pemilu sekarang – sekarang ini, dan kemudian selanjutnya bisa dilakukan pengulangan atau pemantapan materi,” ujar Bang Agung. Bang Agung juga mengatakan mengatakan bahwa peran saksi sangatlah penting, karena keberadaan saksi sangat penting untuk mengawal dan mengawasi pemilu agar berjalan secara jujur, adil dan terbuka.

Sedari awal harus terbangun kesadaran untuk semua saksi unutk serius dan bertanggung jawab dapat mengawasi dan menjaga perolehan suara partai ataupun calon presiden yang diusungnya. Hal ini agar kecurangan yang mungkin terjadi, dapat diantisipasi dari jauh – jauh hari sebelumnya.

Seorang saksi harus bekerja serius dan profesional. Inti dari kerja saksi adalah mendapatkan form C1 otentik yang sesuai dengan kebenaran penghitungan surat suara yang dituangkan dalam C1 Plano. Saksi juga harus mencatat, mendokumentasikan serta melaporkan setiap kecurangan yang terjadi di TPS.

Sangat mungkin pemilu tahun 2019 nanti, perhitungan suara akan berlangsung lebih lama dan juga lebih banyak TPS, “Kita harus bisa menghadirkan saksi yang lebih banyak dan yang bisa bertahan lebih lama, bisa jadi saksi bisa pulang larut malam menunggu perhitungan suara di TPS selesai,” tutup Bang Agung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *