Home » Jakarta » Al Mansur :  PAUD Jakarta itu Sudah Lama Prihatin, Wajar Pemprov Membantu

Al Mansur :  PAUD Jakarta itu Sudah Lama Prihatin, Wajar Pemprov Membantu

batik_2Peningkatan kualitas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) harus didukung pemerintah baik lewat peningkatan anggaran ataupun standarisasi kurikulum. Mengingat pendidikan pada usia yang dini merupakan investasi yang besar dalam meningkatkan kualitas SDM di negeri ini. Menurut Al Mansur Hidayatullah, ketua DPD PKS Jaksel semakin banyak PAUD yang hadir di tengah masyarakat merupakan anugerah yang besar. Pada usia tersebut, anak-anak berada pada zaman keemasan dalam menyerap dan menerima nilai-nilai yang dari lingkungan. Al Mansur juga sangat menghargai niat tulus dari beberapa masyarakat yang sukarela menjadi pengajar PAUD. “Keikhlasan merupakan salah satu modal penting dalam mendidik peserta PAUD, selain kemampuan dan skill tentunya, ” paparnya Al Mansur.

Namun perlu juga dilakukan juga aktivitas peningkatan kualitas pengajar PAUD lewat workshop, kursus ataupun beasiswa. “Kalau pengajar PAUD lebih berkualitas, ilmu yang diberikan kepada anak – anak juga semakin mantap,” tandas Ketua DPD PKS Jaksel ini.

Saat ini PAUD – PAUD terkoordinasi dengan kelurahan, PAUD se-kelurahan juga sudah mempunyai forum yang bernama gugus PAUD kelurahan, gugus tersebut tergabung dalam wadah himpaudi kecamatan.

PAUD harus terus berjalan, namun kadang gurunya harus punya kesabaran berlebih,  karena ini lebih dekat ke kegiatan sosial. Menurut Al Mansur, di beberapa tempat gaji guru PAUD sering diplesetkan menjadi “sajuta” alias sabar, jujur dan tawakal. Aslinya gaji yang mereka terima masih ada yang kisaran 125 ribu perbulan.

Harus diakui bahwa beberapa kondisi PAUD di Jakarta saat ini masih banyak yang dibawah kondisi layak, ini ironi ditengah – tengah penggejotan pembangunan infrastruktur metropolitan. Selama ini semboyan “masyarakat otaknya penuh, kantongnya penuh, dan tidak sakit,” sepertinya hanya menjadi pemanis bibir di media saja, sementara di lapangan sangatlah jauh panggang dari api. Sehingga cita – cita menjadikan Jakarta sebagai kota yang ramah anak seperti masih jauh.

Al Mansur mengatakan sudah sewajarnya jika pemerintah DKI Jakarta yang baru ini lebih perhatian terhadap kondisi PAUD. Pemprov harus lebih serius untuk menaikkan kualitas guru PAUD, melakukan kerja sama dengan kampus – kampus, atau juga bisa memberikan beasiswa bagi guru – guru PAUD yang berdedikasi.

Al Mansur juga sangat mendukung jika Pemerintah DKI Jakarta yang sekarang berencana memberikan hibah ke guru PAUD. Juga sudah sangat tepat jika akan meningkatkan gaji guru PAUD agar setara dengan nilai kebutuhan hidup layak (KHL) atau upah minimum provinsi (UMP) di DKI.

Berdasarkan Undang-undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 1 ayat 14, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. PAUD dapat diselenggarakan melalui jalur pendidikan formal, nonformal, atau informal. PAUD pada jalur pendidikan formal berbentuk Taman Kanak-kanak (TK), Raudhatul Athfal (RA), atau bentuk lain yang sederajat. PAUD pada jalur pendidikan nonformal berbentuk Kelompok Bermain (KB), Taman Penitipan Anak (TPA), atau bentuk lain yang sederajat. PAUD pada jalur pendidikan informal berbentuk pendidikan keluarga atau pendidikan yang diselenggarakan oleh lingkungan.

Tujuan PAUD adalah membantu meletakkan dasar kearah perkembangan sikap, pengetahuan, keterampilan, dan daya cipta yang diperlukan anak didik dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya serta untuk pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya. Berdasarkan hal tersebut tampak jelas bahwa tujuan pendidikan anak usia dini adalah membantu mempersiapkan anak untuk memasuki pendidikan di sekolah dasar. Selain itu, pendidikan anak usia dini juga dapat membantu menanamkan karakter pada anak usia dini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>