Home » Taujih » Al Mansur : Berjuanglah dengan Ikhtiar Maksimal di Pilkada, Kemudian Bersyukur dan Bersabarlah

Al Mansur : Berjuanglah dengan Ikhtiar Maksimal di Pilkada, Kemudian Bersyukur dan Bersabarlah

al Mansur Silaturahim Ulama JakselAllah SWT berfirman dalam Al Qur’an surat Ibrahim ayat 7 yang artinya: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur pasti Aku akan menambah nikmat-Ku kepadamu dan jika kamu mengingkari nikmat-Ku, sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.”

Hidup di dunia pada hakekatnya adalah ujian untuk meraih kesuksesan hidup dunia dan akherat. Pun pilkada juga merupakan ujian, semakin tinggi derajat yang hendak diraih maka ujian yang dihadapi juga semakin sulit dan berat. Derajat keimanan akan semakin tinggi seiring keberhasilan seseorang dalam mengahadapi ujian atau cobaan yang Allah berikan kepadanya. Dalam hadits sahih Rasulullah bersabda, “Orang yang paling banyak mendapat cobaan adalah para nabi, kemudian orang-orang shaleh, dan selanjutnya orang-orang yang memiliki derajat yang tinggi dalam agama. Karena seseorang diberikan cobaan sesuai dengan kualitas agamanya. Jika agamanya teguh, maka ia mendapatkan tambahan cobaan.”

Tidak boleh takut dengan yang namanya Ujian, ujian mesti dihadapi. Dalam Al Qur’an, Allah SWT menjelaskan bahwa di antara hamba-hamba Allah (yaitu manusia) ada yang sholeh dan ada yang tidak sholeh, ada yang taat dan ada yang ingkar. Dan Allah menguji mereka dengan ujian berupa kenikmatan (kebaikan) dan ujian yang barupa penderitaan (keburukan). Dengan ujian itu sebetulnya Allah mengingatkan agar manusia kembali kepada jalan yang benar, yaitu jalan Allah subhanahu wata’ala.

Orang yang beriman ketika diuji dengan Al Hasanah (kebaikan, kenikmatan, kemenangan), maka mereka akan menyikapinya dengan Syukur kepada Allah subhanahu wata’ala. Mereka menjadi orang yang tidak lupa kepada Allah swt.

Bila orang yang beriman diberikan ujian oleh Allah dengan sayyi’ah (keburukan), penderitaan, musibah, bencana, maka ia akan bersabar.

Allah berfirman dalam Surat Al Baqarah ayat 155 – 156 :
155. Demi sesungguhnya! Kami(Allah) akan menguji kamu dengan sedikit perasaan takut dan rasa kelaparan, dan kekurangan harta benda dan jiwa serta hasil tanaman. dan berilah khabar gembira kepada orang-orang yang sabar:
156. (Yaitu) orang-orang yang apabila mereka ditimpa oleh sesuatu kesusahan, mereka berkata: “Sesungguhnya kami adalah kepunyaan Allah dan kepada Allah jualah kami kembali.”

Orang yang sabar adalah orang yang ketika ditimpa musibah, bencana, ia mampu mengembalikan itu semua kepada Allah subhanahu wata’ala, dengan ucapan Istirja’ yaitu ucapan : Inna lillahi wa inna ilahi roji’un (Sesungguhnya ini semua dari Allah dan kepada Allah kami kembali).

Al Qur’an Surat Ibrahim ayat 7 tidak berdiri sendiri, tetapi sangat erat dengan ayat – ayat sebelumnya, khususnya ayat 5 dan 6. Di Surat Ibrahim ayat 6 dikisahkan tentang perkataan Nabi Musa ‘Alaihissalam terhadap kaumnya dengan mengingatkan mereka tentang besarnya nikmat Allah yang sudah diberikan atas mereka.

Oleh karenanya jika kita mampu bersabar dan bersyukur atas kenikmatan – kenikmatan yang diberikan Allah SWT di putaran pertama, maka tidak mustahil bagi Allah memberikan kemenangan yang lebih besar di putaran final Pilkada DKI Jakarta ini. InsyaAllah

~Al Mansur Hidayatullah~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>